Kembali

Info Terkini

Alhamdulillah Rumah Baru Sudah Rampung, Lihat Kebahagiaan Kakek Sukarno

Beberapa waktu lalu, tim berbuatbaik.id mendatangi kediaman Kakek Sukarno yang sudah rampung setelah pengerjaan kurang lebih satu bulan lamanya.

Rumah yang dulunya begitu memprihatinkan yang hanya berbilik kayu hingga langit-langit yang begitu rendah kini sudah berubah menjadi lebih baik.

Rumah seluas 4 x 6 m persegi itu sudah berdinding tembok dengan cat biru dan putih. Jika sebelumnya tidak ada kamar tidur dan kamar mandi yang layak namun kini rumah baru Kakek Sukarno mempunyai ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur hingga dapur.

Foto:berbuatbaik.id

Sekian tahun hidup di rumah yang sempit nan kumuh, kini Kakek Sukarno tak lagi merasakan hal tersebut bersama kedua cucunya. Dulu akibat lingkungan tempat tinggalnya yang kumuh dan tidak terawat dengan baik, Kakek Sukarno kerap mengalami gangguan pernapasan selama menetap di sana.

Sekarang dengan hadirnya rumah baru, Kakek Sukarno bisa bernapas lega dan tidak takut kebocoran dan kebanjiran lagi. Kepada tim berbuatbaik.id, Kakek Sukarno mengekspresikan kebahagiaannya.

Kakek mengaku senang akhirnya dapat tinggal di rumah yang lebih luas, dengan begitu para cucunya bisa leluasa bermain. Dia pun berharap rumah baru ini mendatangkan berkah untuk keluarganya.

“Harapan saya ya namanya orang susah, namanya orang tidak punya pekerjaan, hanya mencari sampah, saya berharap untuk membesarkan kedua cucu dan menghidupi keluarga”, ucap Kakek Sukarno dengan senyum.

Foto:berbuatbaik.id

Di akhir perjumpaan, Kakek Sukarno mengucapkan ribuan terima kasih kepada tim berbuatbaik,id atas kebaikan hati untuk membantu membuatkan rumah baru baginya.

"Terima kasih ada bantuan begini, kita di sini susah. Mudah-mudahan (donatur) diberi kesehatan wal afiat, banyak rezeki. Saya di sini tidak bisa apa-apa, saya doakan setiap malam saja mudah-mudahan yang memberi kesehatan, banyak rezeki dan panjang umur dan juga dapat jodoh yang baik," tuturnya.

Di lain pihak, Satriawan selalu relawan yang banyak membantu pengerjaan rumah ini pun menghaturkan ucapan syukur dan terima kasih kepada berbuatbaik.id dan juga sahabat baik.

“"Terima kasih banyak partisipasi, kepedulian, dan perhatiannya Kakek Sukarno yang tinggal di Kalibaru telah mendapatkan donasi. Alhamdulilah rumah kakek sudah banyak perubahan untuk pernapasan juga sudah mendapatkan oksigen yang lebih baik. Ruangannya sehat, bersih dan steril," jelas pria yang akrab disapa Wawan ini.

Sebagai informasi, berkat kebaikan hati para sahabat baik, donasi sejumlah Rp 50.314.888 telah terkumpul untuk Kakek Sukarno membangun rumah barunya. Adapun rincian donasi meliputi,

Rincian Donasi

1. Sembako Rp 1.000.000
2. Pembangunan Rumah Rp 46.678.000
3. Kasur 1.992.545
4. Kebutuhan Hidup Rp 644.343

Foto:berbuatbaik.id

Terima kasih sahabat baik, tanpa bantuan sahabat baik sulit Kakek Sukarno mendapatkan rumah yang layak. Meskipun demikian, masih banyak orang-orang kurang beruntung di luar sana yang membutuhkan bantuan para sahabat baik. Oleh karena itu, uluran tangan sahabat baik akan membantu mereka. Jadi ayo mulai Donasi sekarang juga melalui berbuatbaik.id.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Tim berbuatbaik.id Bawa Sembako dan Bersiap Bedah Rumah Kakek Sukarno

Sahabat Baik, masih ingatkah kalian dengan Kakek Sukarno? Kakek yang hanya tinggal bersama 2 cucunya yang kecil. Dia yang sering sesak napas pun terpaksa tinggal di rumah yang begitu sempit dan tidak layak. Setelah beberapa waktu mengumpulkan donasi, tim berbuatbaik.id pun mulai bergerak membantu meringankan hidup Kakek Sukarno.

Tahap pertama penyaluran donasi, tim membawa paket sembako berupa minyak goreng, beras, telur hingga susu senilai Rp 1 juta. Paket bantuan ini pun diterima Kakek Sukarno dengan senang hati.

"Saya ucapkan terima kasih. Alhamdulillah terima kasih atas nikmat-Mu ya Allah. Semoga kalian diberikan kesehatan Aamin," ucapnya penuh syukur sembari mendoakan sahabat baik di kediamannya di Cilincing, Jakarta Utara.

Foto:berbuatbaik.id

Selain memberikan donasi, tim juga melihat lebih dalam rumah Kakek Sukarno. Bersama RW setempat, relawan hingga tukang bangunan, kami mulai merencakan pembangunan rumah seluas 4x8 m ini. Tujuannya, hidup Kakek Sukarno lebih nyaman.

Perlu usaha ekstra, untuk mulai membangun rumah yang Kakek Sukarno katakan sudah dimiliki sejak tahun 1983 ini. Tim harus menunduk memasuki rumah Kakek Sukarno yang juga hanya beralaskan tanah hingga kayu-kayu yang menyembul di mana-mana. Penerangan pun begitu temaram serta barang-barang yang tak tentu jumlahnya bersesakkan di dalam dua petak ruang.

Foto:berbuatbaik.id

Sebelum membangun rumah yang begitu memprihatinkan ini, ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terlebih dahulu yaitu mengosongkan rumah. Kakek Sukarno sadar kebiasaannya mengumpulkan barang membuat rumahnya kian kumuh namun untuk proses memilah dan memindahkan barang juga amat berat baginya.

"Tenaga saya ngos-ngosan untuk pindahin barang-barang, sekarang baru separuh dipindahin, saya sudah dikontrakin, ada yang bantuin," ucap dia yang sudah mulai mengontrak di sekitar rumahnya.

Foto:berbuatbaik.id

Oleh karena itu, Ketua RW 007, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Cahaerudin, mengatakan akan mencoba mengontak PPSU (Penanganan Prasarana & Sarana Umum) untuk memberikan bantuan untuk mengosongkan sekaligus membersihkan rumah Kakek Sukarno. Dia juga akan menggerakkan para pemuda untuk bergotong royong membantu hal ini.

"Nanti mau mulai (pengosongan) saya kordinasi dengan RT, kerja bakti, bisa ngomong sama RT-nya. Yang penting Bapak Sukarno ikhlasin. Kalau mau bersih-bersih PPSU bisa juga bantu, bapak siapnya kapan nanti saya kordinasi. Kalau PPSU ada armadanya. Kalau PPSU mudah, tapi butuh 2-3 hari bersurat," ucap Cahaerudin.

Dengan demikian, pembangunan rumah Kakek Sukarno pun melibatkan segenap warga dan juga sahabat baik. Donasi ini membuka kesempatan untuk semua orang bersama-sama berbuat baik untuk memberikan masa depan lebih baik bagi yang membutuhkan. Rencananya pengosongan akan dilakukan waktu dengan yang berarti pembangunan rumah pun bisa dilakukan sesegera mungkin.

Foto:berbuatbaik.id

Sahabat Baik, begitu berartinya uluran tangan kalian untuk Kakek Sukarno. Doakan ikhtiar tim berbuatbaik.id selalu agar pembangunan ini berjalan lancar dan baik.

Kendati demikian, bantuan ini diharapkan tidak hanya sampai di sini. Sebab masih banyak orang-orang yang kesusahan membutuhkan bantuan dari kalian. Caranya dimulai dengan klik tombol Donasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!