Kembali

Info Terkini

Senyum Bahagia Mak Unah Dapat Bantuan dari Sahabat Baik

Kebahagiaan Mak Unah tak kunjung surut, setelah Presiden Joko Widodo memberikan Mak Unah rumah, kini senyum Mak Unah kembali merekah karena ada bantuan lagi dari sahabat baik.

Saat tim berbuatbaik.id mendatangi kediaman Mak Unah serta Mang Etet dan memberikan bantuan di Palembang, Mak Unah langsung tersenyum senang dan tertawa di balik masker yang dipakainya. Keduanya juga mengacungkan jempol seraya mengucapkan terima kasih banyak kepada berbuatbaik.id dan sahabat baik.

Bantuan Mak Unah di termin pertama ini berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta yang ditabungkan untuk membeli kebutuhan menjelang Ramadhan dan Lebaran nanti. Mak Unah senang karena Ramadhan kali ini kondisi hidupnya sudah jauh berbeda.

“Terima kasih sudah dapat bantuan dari berbuatbaik.id,” kata Mang Etet yang tak lain adalah adik Mak Unah.

Sebelumnya, Mak Unah juga telah dibantu berbagai pihak, mulai Presiden Jokowi, Kapolda Sumsel, hingga Pemprov Sumsel. Dengan banyaknya bantuan ini Mak Unah bisa hidup berkecukupan serta tidur di tempat yang tak lagi beralaskan papan.

Sahabat baik, masih banyak Mak Unah lain yang membutuhkan kebaikan hati kalian. Oleh karena itu, jangan berhenti berbuat baik. Ayo mulai donasi sekarang di berbuatbaik.id .

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Alhamdulillah, Rumah Baru Mak Unah dari Jokowi Rampung

Rumah baru yang layak ini adalah bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Mak Unah. Rumah tersebut diberikan secara simbolis kepada Mak Unah hari ini oleh Kapolda Sumsel dan Gubernur Sumsel.

"Dan dengan bantuan rumah untuk Mak Unah tersebut menginspirasi kita semua dan menyentuh hati kita semua, sehingga terketuk hati Presiden untuk membangunkan rumah untuk Mak Unah. Terima kasih Mak Unah dan Polda Sumsel beserta jajaran Polrestabes Palembang," kata Gubernur Sumsel Herman Deru kepada wartawan, Senin (14/2/2022).

Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto menyebut pembangunan rumah tersebut merupakan hasil pertemuan secara langsung antara Mak Unah dan Jokowi di VIP Bandara SMB II Palembang, beberapa waktu lalu.

"Benar, bahwa dari pertemuan kita kemarin, Pak Presiden menjanjikan Mak Unah rumah yang layak," kata Irjen Toni dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya diberitakan, Mak Unah bertemu dengan Presiden Jokowi pada akhir Januari yang lalu. Jokowi pun memberi arahan kepada Polda Sumsel, khususnya Polrestabes Palembang, untuk segera melaksanakan program bedah rumah terhadap Mak Unah.

Kisah Mak Unah sebelumnya diangkat oleh platform berbuatbaik.id. Mak Unah tinggal bersama sang adik di rumah papan berukuran 3x3 meter. Rumah ini sebenarnya hanya rumah pinjaman.

Saat ini, donasi masyarakat yang disalurkan melalui berbuatbaik.id sedang dalam tahap penyaluran. Donasi ini akan diberikan untuk kebutuhan sehari-hari Mak Unah.

Sahabat baik, masih banyak Mak Unah lainnya yang membutuhkan uluran tangan kalian. Jadi mari sampaikan kebaikan sahabat baik dengan Donasi sekarang di berbuatbaik.id

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Alhamdulillah, Presiden Jokowi Bangunkan Rumah untuk Mak Unah

Kabar bahagia datang dari Mak Unah. Warga Palembang yang tinggal di rumah reyot menyatu dengan kandang ayam ini bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Disaksikan Kapolda Sumsel dan Kapolrestabes Palembang, Jokowi menjanjikan akan membangunkan rumah baru yang layak untuk Mak Unah.

"Iya benar, dari pertemuan kita kemarin dengan Mak Unah di Bandara, Pak Presiden mau membangunkan rumah layak untuk beliau (Mak Unah)," kata Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto melalui Kapolrestabes Palembang Kombes Mokhammad Ngajib kepada detikcom, Selasa (25/1/2022).

Jokowi, kata Ngajib, merasa tersentuh hatinya setelah bertemu langsung dengan Mak Unah. Jokowi pun memberi arahan kepada Polda Sumsel, khususnya Polrestabes Palembang, untuk segera melaksanakan program bedah rumah terhadap Mak Unah.

"Jadi, terhadap kekurangan dari Mak Unah itu, beliau Pak Jokowi ingin kita segera membuatkan rumah untuk Mak Unah," kata Ngajib.

Rumah untuk Mak Unah itu, kata Ngajib, akan segera dibangun di tanah hibah seluas 100 meter persegi, di kawasan Kecamatan Kalidoni, Palembang, tak jauh dari kediaman Mak Unah saat ini. Diketahui Mak Unah saat ini masih menumpang tinggal di tanah orang.

"Kebetulan ada masyarakat yang mau menghibahkan tanahnya 10x10 meter. Tanah hibah itulah yang kita pakai untuk membuatkan Mak Unah rumah," terangnya.

Dari video yang direkam tim media kepresidenan, saat bertemu Jokowi, lansia itu terlihat terharu.

Bertemu dengan Kapolda Sumsel 

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Mak Unah juga bertemu Kapolda Sumsel, Irjen Toni. Bahkan keduanya bersantap bersama.

"Iya benar, beliau (Kapolda Sumsel) bertemu Mak Unah di Bandara (Bandara SMB II), siang jelang sore tadi," kata Koorspripim Kapolda Sumsel, AKBP Andi Supriadi ketika dimintai dikonfirmasi detikcom, Senin (24/1/2022).

Pertemuan Mak Unah dengan Irjen Toni itu tanpa ada unsur kesengajaan. Menurut Andi, yang dilakukan Kapolda itu hanya spontanitas saja sebagai bentuk kepedulian.

"Itu spontanitas saja," kata Andi.

Menurut Andi, pertemuan tersebut bisa terlaksana berkat Polrestabes Palembang yang lebih dulu memberikan santunan ke Mak Unah. Sebelum bertemu Toni, Mak Unah yang belakangan diketahui bernama lengkap Saunah (51), lebih dulu dikunjungi Polrestabes Palembang di kediamannya, di rumah papan berukuran 3x3 meter tepatnya di Jalan Taqwa Mata Merah, Lorong Sei Putat, Kelurahan Sei Selincah, Kecamatan Kalidoni, Palembang.

Adapun santunan yang diberikan Polrestabes Palembang ke Mak Unah yakni, bahan pokok sembako berupa beras, mie, terigu, minyak dan sejumlah uang.

Kabar menggembirakan ini tentu tak lepas dari doa dan kebaikan dari #sahabatbaik. Untuk selanjutnya, 100% donasi yang telah terkumpul di berbuatbaik.id akan diberikan segera kepada Mak Unah untuk kebutuhan hidup Mak Unah.

Sahabat baik, masih banyak orang-orang seperti Mak Unah yang membutuhkan pertolongan. Kamu bisa mulai menyalurkan kebaikan hatimu dengan berbuat baik di berbuatbaik.id. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga!