Kembali
Seberangi Sungai Hanya dengan Rakit, Warga Desa Watu Pertaruhkan Nyawa

Seberangi Sungai Hanya dengan Rakit, Warga Desa Watu Pertaruhkan Nyawa

Rp 2.654.000
5.308% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Sungguh berani bertaruh nyawa, warga Desa Watu, Kabupaten Sopeng, Sulawesi Selatan. Betapa tidak, mereka bergantung pada sebuah rakitan yang rapuh, terbuat dari rakitan bambu yang rentan hanyut oleh arus sungai. Jalan yang sulit ini rela mereka tempuh karena hanya di desa seberang lah mata pencaharian berada.

Rakitan bambu ini dipergunakan warga untuk bolak balik dari dan ke Desa Watu, Desa Mario Riaja dan Mario Ritenga. Berdiri di atasnya yang ditarik dengan seutas tali, rasanya seperti berada di tepi jurang, khawatir setiap bambu bisa patah. Apalagi rakitan yang begitu rapuh ini hanya muat lima orang. Ini membuatnya semakin berisiko jika terlalu banyak orang melewatinya.

Foto:berbuatbaik

“Mau bagaimana lagi, kalau memutar jalan lain, alternatif lain warga harus melingkar sejauh 30km, tentu sangat memakan waktu dan tenaga,” kata Hendra, warga desa Watu, kepada berbuatbaik.id.

Hendra mengaku bahwa warga sudah berkali-kali membuat rakitan bambu untuk sungai selebar 100 m ini tapi sering kali hanyut saat hujan deras. Bahkan beberapa tahun yang lalu warga harus mengandalkan ban dalam untuk menyeberangi sungai. Akibatnya, ada warga yang terbawa arus dan ditemukan dalam keadaan meninggal dan telah membusuk beberapa hari kemudian di kabupaten lain.

Menurut keterangan Hendra, desa telah meminta bantuan kepada pemerintah setempat untuk memperbaiki jembatan tersebut, tapi sampai sekarang belum ada tindakan yang diambil. Selain itu, belum ada donasi lain yang masuk untuk membantu pembangunan jembatan yang sangat dibutuhkan ini.

“Sudah 40 tahun kita seperti ini, belum ada pergerakan dari pemerintah kabupaten maupun pusat. Jembatan ini sangat penting bagi kami karena potensi pendapatan di desa sebelah lebih tinggi. Selain itu juga akan mengurangi materi untuk ke desa seberang jika harus lewat jalan raya,” ungkap Hendra.

Foto:berbuatbaik

Oleh karena itu, Warga Desa Watu berharap #sahabatbaik mau membantu membuat jembatan agar ke depannya para pejuang nafkah di desa ini bisa bekerja tanpa khawatir.

Kabar baiknya, kita bisa bersama-sama mengulurkan tangan untuk membantu warga Desa Watu membangun jembatan mereka melalui #berbuatbaik. Caranya dimulai dengan klik tombol Donasi Sekarang. Semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke Warga Desa Watu 100% tanpa ada potongan.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
P*********Abigail
16 jam yang lalu
Donasi Rp 300.000
Default User
Hamba Allah
1 hari yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
1 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Hamba Allah
2 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Hamba Allah
2 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id