Kembali
Hidup dengan Satu Mata, Ibu Penderita Lupus Berjuang untuk Keluarga

Hidup dengan Satu Mata, Ibu Penderita Lupus Berjuang untuk Keluarga

Rp 6.429.000
21.43% Complete
Terkumpul dari Rp 30.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tak ada yang lebih tangguh daripada seorang ibu yang berjuang sendiri untuk membesarkan anak-anaknya. Kisah ibu tangguh datang dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Icha (30) adalah ibu dua orang anak yang berjuang melawan lupus. Penyakit ini pun telah merenggut satu penglihatan Icha pada akhir 2023 lalu.

Awalnya Icha mengalami benjolan di mata kirinya yang menyebabkan dirinya kesakitan hingga dokter memutuskan untuk mengangkat bola mata kirinya. Namun kehidupan harus terus berjalan apalagi ada dua anaknya, Guffron dan Daffa, yang bergantung padanya.

Foto:berbuatbaik

Di saat terpuruknya suami meninggalkan Icha dan memilih bercerai. Icha pun tak lantas patah arang dan mulai menghidupi anak-anaknya dengan berdagang kelontong di Desa Babayu, Paringin.

"Kalau dagangan ini dapat uang BLT Mama dapat uang PLT sekitar 900 jadi bikin usaha dulu cuma jualan sosis cuma jualan minuman sekarang ada nambah," jelas Icha kepada tim berbuatbaik.id.

Tak hanya mempunyai keluhan di mata, Icha juga merasan sakit saat buang air kecil. Ternyata lupus juga ikut menggerogoti ginjalnya sampai dia harus menjalani cuci darah di Banjarmasin yang jaraknya 5 jam dari tempat tinggalnya.

"Badan ini juga nggak fit gak bisa terlalu capek udah lemes. Kadang-kadang bila kelamaan Duduk kalau berdiri susah sini sakit pinggang sebelah kiri," keluh Icha.

Foto:berbuatbaik

Namun sebesar sakitnya pun, Icha memilih untuk terus kuat sembari berpasrah pada Ilahi.

"Ya gimana lagi Harus kuat kadang-kadang ya kalau melihat meratapi nasib ya kadang-kadang nangis juga tapi melihat anak lagi dua masih kecil orang tua masih ada sayang sama aku," ungkap Icha tegar.

Beruntung, Icha masih mempunyai ibu yang menjadi tempatnya berkeluh kesah. Sang ibu, Norhasanah, bahkan membantu nafkah Icha sebagai penyadap karet di kebun milik orang.

Dari hasil menyadap, Norhasanah bisa mendapatkan Rp 40 sampai 60 ribu per kilogramnya tergantung dari pengepul. Tentu ini bukan lah nominal yang besar bagi keluarga Icha apalagi jika musim tidak berpihak kepadanya.

Icha dan keluarga juga merawat paman Icha yang mengalami gangguan jiwa. Sementara saudara Icha yang lainnya sudah berkeluarga dan hidup terpisah.

Melihat hidup Icha yang begitu banyak cobaan, hati Norhasanah merasa teriris iris.

Foto:berbuatbaik

"Merasa nggak tega kayak apa melihat inilah, bagaimana yang dua ini ya, kayak apalah sudah berkecamuk pikirannya, tapi ya dikembalikan lagi siapa yang berkehendak. Kita ini hanya apa, nggak ada daya upaya semua kehendaknya itu aja lagi dah Allah memberi berarti aku sanggup sesuai dengan kemampuanku berarti aku sanggup,; ucap Norhasanah berusaha pasrah.

Keluarga ini pun berusaha menyambung asa dan memilih tak menyerah pada takdir. Mereka yakin selalu ada jalan bagi yang berusaha.

#sahabatbaik kisah Icha menjadi pelajaran dan hikmah bahwa seorang ibu bisa tetap tegar berdiri walau dihantam berbagai cobaan. Mari kita terus menemani Icha melalui tangan yang terulur kebaikan. Kamu bisa mulai Donasi untuk Icha dan memberinya kelapangan hati.

Donasi melalui berbuatbaik.id, 100% tersalurkan!

Donatur

Default User
e*********
3 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
E*********no
7 hari yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
Hamba Allah
9 hari yang lalu
Donasi Rp 2.000
Default User
Herianto
10 hari yang lalu
Donasi Rp 2.500.000
Default User
R*********ienant
11 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id