Kembali
Perjuangan Ayah Polio Hidupi Anak dan Istri Cerebral Palsy dari Menjahit

Perjuangan Ayah Polio Hidupi Anak dan Istri Cerebral Palsy dari Menjahit

Rp 22.190.222
73.967406666667% Complete
Terkumpul dari Rp 30.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Ayah adalah penopang hidup keluarga bagaimana pun keadaan dan keterbatasannya, seperti Ratmin, penjahit yang menderita Polio. Meskipun dia tidak bisa menggendong anak semata wayangnya, Nadya Humaira Azzhara (Huma), dengan berdiri tegap namun Ratmin adalah ayah yang begitu bertanggung jawab mengurus keluarga.

Ratmin mengisahkan awal mula dirinya menjadi seorang disabilitas daksa akibat polio. Saat umur 1 tahun, Ratmin mengalami demam tinggi. Walaupun sempat dibawa berobat ke mantri, namun tak lama berselang kedua kakinya malah lemas dan tak bisa berjalan.

Foto:berbuatbaik.id

Warga Desa Kemangguan, Kecamatan Alian, Kebumen, Jawa Tengah, ini pun tak hanya punya tanggung jawab sebagai ayah namun juga suami yang mempunyai pasangan menderita cerebral palsy. Kondisi istri Ratmin, Tari, hanya terbaring di tempat tidur dalam 2 tahun belakangan. Oleh karena itu, segala keperluan Tari disiapkan oleh Ratmin.

"Gak lemes, kaku kayak kayu gak bisa digerakin ini. Jadi kalau diganti pampersnya harus megangin kaki satu ini, saya megangin pantat yamh satu kalau gak rubuh ini. Sepanjang setiap menit ekor belakang ini lemes," ucap Tari kepada tim berbuatbaik.id.

Foto:berbuatbaik.id

Tari pun khawatir semakin hari kondisinya semakin memburuk. Apalagi dia masih ada anak kecil yang begitu membutuhkan kasih sayang orangtua.

"Mikir anak masih kecil kan umur nggak tahu ya, aku dulu apa Bapak dulu kalau aku dulu anakku sama sapa kalau bapak dulu, aku sama sapa anakku Siapa yang ngurus sedangkan Mbakku kakakku ikut suami. Saya bingung," ungkap Tari galau.

"Ya sempat nangis. Menangis tidak bisa megang anak selama 2 tahun ini diurus sama orang bukan sama saya. Apa saya punya surga untuk anakku karena saya tidak merawatnya," kata Tari lagi sedih.

Foto:berbuatbaik.id

Ratmin lah jadi satu-satunya orang yang menguatkan kegundahan sang istri. Dengan ikhlas, Ratmin yang juga punya gerak terbatas harus membagi waktu dan tenaganya untuk merawat Tari dan sang putri. Beruntung, ada adik Ratmin yang tinggal bersamanya sehingga ketika libur, Ratmin bisa bergantian merawat Huma yang butuh perhatian ekstra.

Ratmin pun begitu mengandalkan jasanya sebagai penjahit untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Bahkan kemampuan menjahit sudah dia miliki sejak lulus SD. Dengan ongkos Rp 100 ribu untuk satu pasang baju, Ratmin merasa bersyukur walaupun rupiah yang didapatnya tidak pasti.

Apalagi dia menanggung kebutuhan susu dan popok yang menguras kantong karena bukan untuk Huma semata melainkan juga popok sekali pakai untuk istrinya.

Foto:berbuatbaik.id

"Walaupun Sepahit apapun saya nggak dilihatkan sama orang ya batin sendiri yang penting kelihatan semangat tapi hatinya agak loyo gitu. Loyo nya ya ketika istri melahirkan udah gak bisa apa-apa terus mau minta tolong sama siapa saya juga bingungnya gitu. Walaupun capek nggak terasa capek udah biasa. Rahasianya itu ya saya punya tanggung jawab itu anak istri jadi ya walaupun capek, melihat anak Bojo anak istri ya karena senang ikut senang jadi hilang seketika," ujar Ratmin tegar.

Sahabat baik, kisah Ratmin dan Tari merupakan inspirasi dan hikmah yang membawa pelajaran bahwa sesulit apapun hidup, sebagai keluarga harus saling menopang. Namun beban ini akan menjadi jauh lebih ringan, jika kita bersama bisa membantu Ratmin dan keluarga.

Kamu bisa memberikan bantuan kepada Ratmin dengan mulai Donasi di berbuatbaik.id sekarang juga. Semua donasi yang diberikan akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga.

 

 

Donatur

Default User
M*********
7 hari yang lalu
Donasi Rp 5.000
Default User
S*********i
29 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
H*********chiardi
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
S*********i
3 bulan yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
Hamba Allah
4 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id