Kembali
Kekeringan, Warga Desa di Tulungagung Butuh Air Bersih dan Penghijauan

Kekeringan, Warga Desa di Tulungagung Butuh Air Bersih dan Penghijauan

Rp 23.018.349
46.036698% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Kondisi memilukan terjadi di Dusun Tenggar, Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Selama 10 tahun belakangan, Desa Tenggarejo kekurangan air bersih. Permasalahan kekeringan ini dimulai sejak hutan yang berada di daerah tersebut dialihfungsikan ke tanaman jagung yang tidak ramah menampung air hujan.

Padahal hutan berperan penting dalam menyediakan sumber air bagi penduduk desa tersebut. Tanpa hutan di sekitar mereka semakin sulit  warga desa mendapatkan air bersih.

Permasalahan kekeringan ini semakin pelik karena letak geografis Desa Tenggarejo yang sulit dijangkau sehingga membuat warga kesulitan mendapat bantuan air bersih. Contohnya, upaya penyediaan air bersih dari desa sebelah. Air bersih tersebut tidak bisa diberikan ke Desa Tenggarejo karena letak geografis Desa Tenggarejo berada di ketinggian 350 dpl.

Foto:berbuatbaik.id

Sebenarnya terdapat bantuan air bersih untuk Desa Tenggarejo yang didapat dari HIPPAM (Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum). Di beberapa lokasi di Desa Tenggarejo ketersediaan air HIPPAM masih minim, terutama saat puncak musim kemarau. Beberapa rumah warga hanya bisa mendapatkan 1 kubik air bahkan air tidak mengalir saat kemarau atau gangguan mesin di sumber HIPPAM yang lokasinya jauh. Padahal setiap rumah membutuhkan paling tidak 5 kubik air.

Terlebih lagi, baru-baru ini kondisi sumber air yang biasa diambil oleh warga untuk kebutuhan mereka semakin mengering dan bukit-bukitnya pun juga gundul. Tidak hanya itu, akses jalan untuk warga berjalan menuju sumber air tersebut terjal dan penuh dengan bebatuan.

Selain mengambil air di sumber air, warga juga perlu ke desa yang terletak di bawah desa ini jika ingin membeli air. Untuk satu mobil tangki airnya seharga 250 ribu untuk kebutuhan satu rumah. Tangki air tersebut pun hanya dapat bertahan selama satu minggu.

Foto:berbuatbaik.id

Minimnya kekurangan air bersih tak hanya membuat warga Desa Tenggarejo harus menghemat air, tetapi juga warga pernah sampai menjual ternaknya. Kekeringan menyebabkan banyaknya ternak dijual lebih dini karena tak adanya ketersediaan air bersih.

Melihat permasalahan tersebut, ikatan alumni UNAIR bekerja sama dengan berbuatbaik.id pun bergerak mengiinisiasi bantuan air bersih Desa Tenggarejo melalui program bakti sosial AMERTA (Aksi Merdeka Air dan Tanaman untuk Alam).

Dengan diadakannya program ini, kebutuhan air bersih warga Desa Tenggarejo. Namun, tidak hanya menyediakan air bersih, mereka juga berharap warga Desa Tenggarejo dapat tergerak dalam pelestarian alam.

“Tapi harapan kami dengan kita membantu mereka tercukupi kebutuhan air bersihnya, mereka juga tergerak dengan jaga alamnya. Jadi, ga cuman kita kasih adanya pengeboran, kita nyediain air di situ, trus mereka jadi mudah gampang gitu, enggak,” ujar Fauzi, Ketua Panitia Program AMERTA.

Untuk mengatasi kekeringan, berbuatbaik.id juga berinisiatif untuk memberikan lahan yang lebih hijau untuk Desa Tenggarejo dengan harapan, tanaman ini akan membantu lingkungan lebih baik serta mendukung sumber air yang kelak dibangun di desa tersebut.  

Bersama AMERTA juga, tim berbuatbaik.id mencanangkan penghijauan untuk mengatasi krisis air hingga Netral Karbon atau menyerap emisi karbon dalam upaya memitigasi perubahan iklim. 

Penanaman pohon ini terdengar sederhana, namun pendekatan ini mampu mengatasi perubahan iklim dalam skala yang besar dan gerakan ini sudah dilakukan di berbagai belahan dunia. 

Sahabat baik, yuk bantu warga Desa Tenggarejo untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan juga penghijauan agar ketersediaan air tak lagi jadi masalah di kemudian hari. Alangkah lebih baik, jika penanaman pohon ini juga mampu mendukung lingkungan agar tercipta udara yang lebih bersih sebab pohon adalah penyerap karbon terbaik. 

Kamu bisa membantu mereka dengan Donasi melalui berbuatbaik.id. Semua donasi yang diberikan akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga

 

Donatur

Default User
Hamba Allah
1 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Hamba Allah
4 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Hamba Allah
4 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Hamba Allah
10 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
SURYADIPTA D PERMANA
10 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id