Kembali
Iswati, Ibu Pejuang Nafkahi Anak Keterbelakangan Mental dari Kerja Serabutan

Iswati, Ibu Pejuang Nafkahi Anak Keterbelakangan Mental dari Kerja Serabutan

Rp 30.256.450
100% Complete
Terkumpul dari Rp 30.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tak habis cerita tentang perjuangan seorang ibu. Catatan kebaikan dan kasihnya terus tertulis hingga akhir usia. Kisah ibu yang sedemikian hebatnya ada pada perjalanan hidup  Iswati (57). 

Iswati bekerja menjadi buruh tani serabutan hanya demi menghidupi sang buah hati lantaran suami telah tiada. Pekerjaan apapun dilakukan, salah satunya adalah mengambil tanaman yang tumbuh di pekarangan bekas kandang ternak babi. 

Foto:berbuatbaik.id

Daun-daun singkong tersebut jadi sumber rezeki Iswati selama setengah tahun belakangan. Tak hanya menjadi buruh tani serabutan, ia juga rela menjadi buruh cuci di rumah tetangga. Perjuangan Iswati semakin pelik karena wanita asal Mojokerto ini harus merawat Suci, anak dengan  keterbelakangan mental.

Suci adalah anak bungsu dari pasangan Juaer dan Iswati. Keempat anak lainnya sudah tidak tinggal bersamanya. Beberapa sudah menikah dan tinggal di luar kota. Hanya sesekali mereka akan pulang menengok, yaitu saat Hari Raya. 

Namun, ada satu sosok yang tidak pernah Iswati temui, yaitu anak ketiganya. Anak tersebut sudah dirawat sejak lahir oleh orang lain sehingga Iswati hanya mengetahui kabar anaknya melalui kabar dari tetangga-tetangga.

Foto:berbuatbaik.id

“Langsung diambil itu dibawa ke suatu tempat sama ari-arinya itu dibawa. Orangnya saat itu gak punya anak dan mau pisah, trus akhirnya ketemu anak itu dan gak jadi pisah,” cerita Iswati kepada tim berbuatbaik.id.

Meskipun begitu, beruntung Iswati memiliki tetangga sekitar yang selalu siap sedia membantu. Mereka tidak segan untuk selalu membeli apapun yang dijual oleh Iswati. Selama Iswati tinggal di Dusun Gempol, Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, tetangga mereka juga tidak pernah membiarkan keluarganya kelaparan atau pun tidak memegang uang.

“Kalau saya biasanya ada kelebihan makanan di rumah, saya kasih ke keluarga Bu Iswati. Mubazir jika di rumah saya toh tidak habis juga,” ucap Umi, tetangga Iswati.

Foto:berbuatbaik.id

Empati menjadi kekuatan terbesar yang mendasari tetangga-tetangga untuk bergotong-royong dalam membantu Iswati. Saat pindah pertama kali, rumah Iswati tidak memiliki tembok dan hanya beratap terpal. 

Melihat hal tersebut, para tetangga pun saling bahu-membahu dengan membangun atap asbes serta tembok dari anyaman bambu. Meski masih terlampau jauh, paling tidak keluarga Iswati memiliki tempat berteduh yang layak ditinggali. Walaupun begitu, rumah 3 kali 4 meter Iswati masih berlantai tanah dan belum memiliki kamar mandi.

Foto:berbuatbaik.id

Bukan hanya tetangga yang dapat membantu Iswati, tapi sahabat baik juga bisa turut andil untuk meringankan beban Iswati dengan memberikan modal usaha sehingga dia dan Suci bisa mendapatkan kehidupan lebih baik. 

Sahabat baik, yuk bantu Iswati menghidupi keluarganya. Kamu bisa membantu Iswati dengan Donasi melalui berbuatbaik.id. Semua donasi yang diberikan akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga.

Donatur

Default User
I*********yati
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000
Default User
F*********yati
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000
Default User
A*********ir Sofian
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000
Default User
Hamba Allah
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 30.000
Default User
W*********iastuti
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id