Kembali
Potret Muram SDN Nainefo: Tak Bersepatu hingga Seragam Tak Layak, Ayo Bantu!

Potret Muram SDN Nainefo: Tak Bersepatu hingga Seragam Tak Layak, Ayo Bantu!

Rp 25.107.025
50.21405% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tak terbayangkan masih ada secercah senyum dan keceriaan di raut muka siswa-siswi SDN Nainefo 2 yang terletak di Amfoang Barat Laut, NTT. Padahal di musim hujan seperti sekarang ini, banyak tantangan yang harus mereka lalui. Tantangan yang bahkan orang dewasa pun sulit melaluinya.

Hal itu tak lain karena jalan yang tak mau berkompromi dengan perjuangan anak-anak ini dalam mengejar masa depan yang lebih baik. Mereka dihadapkan dengan longsor yang kerap terjadi di musim hujan sehingga kendaraan apapun tak bisa melewati jalan menuju sekolah, belum lagi arus sungai yang kuat dan meluap yang membuat mereka harus bersusah-susah ke sekolah. Kendati semangat bukan hanya milik mereka semata, para orangtua yang memimpikan masa depan anak lebih baik pun turut mengantar mereka melewati longsor dan sungai.

Foto:berbuatbaik.id

"Sekarang akses jalan putus, karena kemaren hujan angin longsor. Belum diperbaiki, agak susah kalau musim cuaca. Anak-anak saya juga dari rumah ke sekolah di daerah terpencil apalagi sekarang jalannya seperti tidak ada kendaraan yang lewat juga. Tapi masih semangat anak-anak. Walau mereka jalan harus lewati sungai karena hujan angin kalau hujan agak reda ada anak-anak ke sekolah, orangtua harus antar karena jalannya sudah longsor. Mereka juga datang terlambat tapi kami tetap maklumi karena jalan juga," jelas Lani, guru kelas 5 di SDN Nainefo 2 ini kepada tim berbuatbaik.id.

Foto:berbuatbaik.id

Bukan cuma perkara akses sekolah yang sulit di kala hujan, kondisi seragam dan alat sekolah mereka juga memprihatinkan. Sudah jamak terlihat, anak-anak ini tidak bersepatu dan yang paling mewah bagu mereka hanya sepasang sandal ke sekolah. Belum lagi seragam yang sudah tidak jelas warnanya. Bagaimana tidak, mereka rupanya hanya punya satu seragam yang mereka beli sejak masuk sekolah hingga mereka tetap pakai saat duduk di kelas tinggi, 6 dan 5.

"Kalau mau beli seragam mereka harus datang ke Lelogama. Itu jaraknya sekitarnya puluhan kilo datang ke Lelogama dan makanan juga begitu. Untuk papan tulis, kursi ada tapi pas-pasan untuk bisa duduk. Aduh untuk sendal aja tidak ada, kadang mereka ke sekolah gak pake sendal apalagi sepatu. Kalau seragam juga begitu ada kelas 6 mereka pake itu-itu saja, kotor-kotor tapi mereka tetap seragam terus sampai kekecilan gak ganti-ganti. Datang ke sekolah cuma pegang buku, ada yang ditaruh di kresek," lanjut Lani.

Foto:berbuatbaik.id

Oleh karena itu lah bantuan begitu diperlukan untuk anak-anak di Nainefo yang berjumlah 61 anak ini. Semangat mereka butuh didukung agar mereka bisa mengejar cita-cita mereka dengan baik. Tak lagi tanpa sepatu, tak lagi dengan seragam tidak layak, atau bahkan menaruh buku mereka di sekantung kresek.

Kamu bisa membuat mereka percaya bahwa banyak yang peduli akan mimpi mereka. #sahabatbaik juga bisa menumbuhkan harapan akan masa depan mereka dengan #berbuatbaik sekarang juga. Caranya dengan Donasi sekarang juga hanya melalui berbuatbaik.id. Donasi yang kamu berikan juga akan sampai dengan sempurna dan tanpa potongan karena hanya di berbuatbaik.id seluruh donasi 100% tersalurkan.

Foto:berbuatbaik.id

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

 

 

Donatur

Default User
M*********
12 hari yang lalu
Donasi Rp 5.000
Default User
Hamba Allah
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Zuhal Qolbi
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
S*********cosuanto
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
S*********cosuanto
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id