Kembali
Nestapa Kakek Uja, Berjualan Mainan Keliling demi Menyambung Hidup

Nestapa Kakek Uja, Berjualan Mainan Keliling demi Menyambung Hidup

Rp 14.801.477
49.338256666667% Complete
Terkumpul dari Rp 30.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Di siang yang terik, Kakek Uja (80) dengan sabar berkeliling kampung di sekitar rumahnya di Dusun Pacing Utara, Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, Jabar. Kakek Uja menuntun sepeda tua yang sudah dilengkapi dengan barang-barang berupa mainan anak yang dia jual.

Kali ini Kakek Uja mangkal di depan Sekolah Dasar Medangasem. Namun nasib mujur belum juga menghampirinya. Padahal matahari kian tinggi namun tak ada satupun mainan yang terbeli.

Foto:berbuatbaik.id

Sebenarnya baru 2 tahun terakhir, Kakek Uja beralih profesi menjadi pedagang mainan. Dulu Kakek Uja adalah buruh pasang batu kali namun karena fisiknya semakin menua maka dia pun berhenti dan menaruh harapan dari berjualan mainan.

"Jualan mainan ada 2 tahun, belum lama. Dulu jualan sayuran ke Dengklok ke pasar, jualan es krim, apa saja, pasang batu kali, ya kuli ngejublak kebon boteng," ucapnya kepada tim berbuatbaik.id.

Dari mainan yang terbeli, Kakek Uja baru bisa makan. Oleh karena itu, dia terpaksa bersabar jika rezeki belum tiba. Hanya air putih yang dia bawa dari rumah untuk mengganjal perutnya saat ini.

Foto:berbuatbaik.id

Jika dia beruntung, Kakek Uja bisa mengantongi Rp 20 ribu dalam sehari. Jumlah yang tak banyak untuk biaya kehidupan sehari-hari. Bukan hanya persoalan dagangan tidak laku, Kakek Uja juga kerap mengahadapi pengalaman buruk, seperti ditipu pembeli ratusan ribu hingga terjatuh yang membuat mainan dagangannya rusak semua.

"Jatuh ke jurang, dihantam angin gede, jatuh ke empang, mainannya ya rusak semua sama lumpur, pada copot kebasahan ya dijual nunggu kering," cerita Kakek sedih.

Jatuh bangun ini tentu menjadi pengalaman sedih yang seharusnya Kakek Uja tidak rasakan apalagi kini dia sudah lansia dan tua dimakan usia. Namun mau bagaimana lagi, cuma mainan berwarna warni ini yang menjadi harapan untuk terus bisa menyambung hidup.

Foto:berbuatbaik.id

Sahabat baik, siapapun tak akan tega melihat Kakek Uja menempuh hidup berat seperti ini. Kamu bisa meringankan langkahnya di masa depan dengan berbuat baik untuknya dengan cara Donasi hanya melalui berbuatbaik.id

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Info Terkini

Pesan Menyentuh Penuh Kebaikan Sepeninggal Alm. Kakek Uja

Senin, 20 November 2023

Suasana pilu menaungi kedatangan tim berbuatbaik.id ke kediaman kerabat Almarhum Kakek Uja yang telah berpulang ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa beberapa waktu lalu.

Bersama dengan tim CNN Indonesia, berbuatbaik.id juga turut menziarahi pemakamannya. Bersama-sama kami panjatkan doa untuk almarhum. Sepenggal doa terbata-bata dan perlahan terucap bersamaan dengan air mata yang membasahi pipi Dede Anggraeni, keponakan dari almarhum.

Dede mengenang Almarhum Kakek Uja adalah orang yang memiliki hati yang sangat tulus dan gemar berbagi. Meskipun ia sendiri harus berjuang mati-matian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ia tak pernah sedikit pun keberatan untuk menyumbangkan yang ia punya demi membahagiakan orang lain. Di usianya yang sudah uzur dan kerap sakit-sakitan, ia juga tak pernah sedikit pun patah semangat untuk terus bekerja.

Foto:berbuatbaik

“Karena dia selalu bilang kalau dia gak mau ngerepotin orang lain. Dia juga gak mau dikasih, sebisa mungkin dia yang ngasih. Dia itu juga gak pernah pandang bulu buat ngasih, di mana pun. Kayak ada anak yang nangis karena gak dibeliin mainan sama orang tuanya, itu mainannya dia kasih ke anak itu,” ujar Dede.

“Mbah juga bilang sama saya, ‘Selalu semangat. Jangan pernah ngerasa sendiri. Rezeki tuh gede ke depannya, jangan ngarep-ngarep dikasih orang. Kalau kita ngasih ke orang jangan ngarep bakal dibalikin sama dia, nanti juga bakal ada yang ngebalikin lebih gede lagi,’ katanya gitu,” lanjutnya.

Tak pernah sedikit pun terbesit di benak Dede bahwa Almarhum Kakek Uja berpulang secepat itu. Sebab, kondisi penyakit yang dideritanya di saat-saat terakhirnya bukanlah merupakan penyakit yang parah dan diperlukan penanganan khusus. Dede mengatakan bahwa almarhum hanya menderita meriang, batuk dan pilek saat itu. Namun, semua yang terjadi pada akhirnya adalah karena kehendak-Nya.

Foto:berbuatbaik

“Sebelumnya sih sakitnya ga terlalu parah dan kita pikir gak bakal sampe tutup usia karena memang hanya meriang batuk biasa. Terus juga memang ada sempet satu minggu dia sakit terus sembuh. Saat itu dia memang saya larang untuk jualan. Berobat juga sempet 3 kali ke dokter terus yang terakhir itu permintaan dia yang bikin nyesek sampe sekarang ketika dia minta diinfus, minta dirawat, cuman memang dibawa ke Kesmas dia gak mau,” kata Dede.

“Kalau beberapa tahun sebelumnya dia emang pernah kena muntaber sampe dokter bilang ‘tinggal nunggu waktu’ karena tensi darahnya rendah banget, 60/40. Tapi Alhamdulillah ternyata kakek bisa melewati itu. Ternyata dia tutup usia justru pas kemaren itu, pas dia sakit yang gak terlalu serius. Siapa yang tau kalau ternyata malam itu dia tutup usia,” ujarnya lagi.

Sebelum sepeninggalnya, almarhum kakek Uja juga menitipkan pesan kepada Dede, terutama untuk Bilqis (anak Dede) yang sangat disayang olehnya.

“Dua jam sebelum Mbah gak ada, dia panggil mamah saya untuk nitipin Bilqis, katanya ‘Jangan pada digalakkin ya si Bilqis. Siapa pun nanti yang galakkin Bilqis nanti urusannya sama Mbah,’ dia sayang banget sama Bilqis,” kata Dede.

“Mbah Uja itu juga pernah bilang, ‘Kita berbuat baik sama orang jangan pernah minta balasan sama orang tersebut. Nanti ada dari jalan lain yang bakal ngebales kebaikan kita’,” itu pesannya.

Dede juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada #sahabatbaik di luar sana atas bentuk kepeduliannya dalam membantu almarhum kakek Uja. Donasi yang telah diterimanya sebesar Rp 14.801.477 telah dimanfaatkan sebaik mungkin, seperti untuk keperluan 100 harian almarhum, pemakamannya, dan juga untuk membeli beberapa keperluan Bilqis sebagaimana pesan terakhir yang disampaikannya. Untaian doa juga tak henti-henti ia panjatkan agar almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

“Buat sahabat-sahabat baik, kru, siapa pun dan dari mana pun, terutama dari tim berbuatbaik sekarang, terima kasih banyak buat perhatiannya dari Mbah masih ada sampai Mbah meninggal. Semoga temen-temen di luar sana selalu sehat dan selalu sukses,” ungkap Dede.

“Semoga dia dapat tempat terbaik di sisi Allah. Semoga segala bentuk kesalahan semasa hidupnya dihapuskan dengan kebaikan-kebaikannya,” ucap Dede meneskan air mata.

Sahabat baik, hati tulus dan sikap gemar berbagi yang dimiliki oleh Almarhum Kakek Uja dapat kita jadikan contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap mulia tersebut dapat kita mulai dengan meningkatkan rasa simpati dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Tak harus memulainya dengan sesuatu yang besar, kamu dapat berbagi hal-hal kecil seperti yang dilakukan Almarhum Kakek Uja.

Kamu juga bisa menyumbangkan sedikit rezekimu dengan berdonasi melalui berbuatbaik.id. Donasi kamu 100% akan tersalurkan untuk orang-orang di luar sana yang membutuhkan tanpa potongan sedikit pun.Yuk, mulai aksi kecilmu dari sekarang juga!

Donatur

Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000
Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Sales
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
d*********
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
d*********
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id