Kembali
Donasi Siaga Bencana: Wujudkan Kepedulian dengan Uluran Tangan untuk Korban Bencana

Donasi Siaga Bencana: Wujudkan Kepedulian dengan Uluran Tangan untuk Korban Bencana

Rp 205.940.691
82.3762764% Complete
Terkumpul dari Rp 250.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Bencana alam kembali hadir di Bumi Pertiwi. Kali ini banjir bandang menimpa Sumatera Barat yang menyebabkan banyak orang tewas bahkan masih hilang.

Bencana banjir bandang di kawasan Gunung Marapi, Sumbar, terjadi pada Sabtu (11/5) lalu. Sebanyak empat kabupaten terdampak cukup parah akibat banjir bandang tersebut, yaitu Kabupaten Agam Tanah Datar, Tanah Panjang, dan Padang Pariaman.

Foto:ANTARA FOTO/Sigit Putra

BMKG menyebut intensitas hujan sedang hingga lebat menjadi pemicu terjadinya banjir bandang.

Sebanyak 37 orang meninggal dunia dalam peristiwa banjir bandang di Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini disampaikan oleh pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Hingga Minggu (12/5) pukul 21.00 WIB tercatat total korban meninggal dunia akibat bencana ini mencapai 37 orang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Foto:ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra


Selain itu, hingga Minggu malam (12/5/2024), jumlah orang yang dilaporkan hilang akibat banjir bandang di Sumbar adalah 17 orang, dengan rincian 14 orang hilang dari Kabupaten Tanah Datar dan tiga lainnya dari Kabupaten Agam.

Banjir bandang di Sumatera Barat menyebabkan kerusakan, salah satunya jalan putus. Diketahui, jalan utama yang menghubungkan Padang dan Bukittinngi lumpuh total.

Sampai saat ini, ancaman banjir masih terus berlanjut bahkan otoritas setempat menganjurkan warga untuk evakuasi mandiri dari bantaran sungai.

Sahabat baik, luapan banjir ini mengantarkan duka dan kesedihan. Jangan biarkan para korban sendirian menghadapi cobaan alam ini. Mari bersama bergandeng tangan untuk meringankan beban dan kesulitan mereka. Mulai dengan Donasi di berbuatbaik.id sekarang juga. #Sahabatbaik donasi ini 100% tersalurkan.

 

 

 

 

 

Info Terkini

Donasi Sahabat Baik untuk Bantuan Trauma Healing, Layanan Kesehatan hingga Sembako

Senin, 01 Juli 2024

berbuatbaik.id, Ziswaf CTARSA Foundation dan CTARSA Foundation memberikan bantuan kemanusiaan bagi para korban banjir bandang di Sumbar.

Bantuan yang disalurkan melalui Tim Satgas Masjid Recovery Bencana PW Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Barat ini menyasar daerah Tanah Datar yang terdampak cukup parah.

Salah satu penerima bantuan adalah ratusan siswa-siswi dan majelis guru MTsN VII Tanah Datar. Pada Rabu, 29 Mei 2024, mereka turut serta dalam sesi trauma healing yang diadakan.

Foto:berbuatbaik

Lokasi kegiatan tersebut berlangsung di Aula TPA Masjid Jami’ Sungai Jambu, Kecamatan Lima Kaum.

Ketua Tim Satgas Masjid Recovery, Firdaus, menjelaskan bahwa kegiatan trauma healing ini dilaksanakan sebagai respons atas kerusakan gedung MTsN VII Tanah Datar akibat dampak galodo Gunung Marapi. Proses pemulihan tersebut menjadi bagian dari komitmen CT Arsa Foundation dan DMI Sumbar dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana.

Sesi trauma healing ini bukan hanya tentang penyembuhan fisik, tetapi juga menyentuh sisi emosional dan mental. Para siswa dan guru diberi kesempatan untuk berbagi cerita, untuk merasakan kembali kehangatan dan dukungan dari orang-orang di sekitar mereka.

Foto:berbuatbaik

Tujuannya adalah memberikan bantuan psikologis kepada para siswa-siswi yang mengalami dampak akibat bencana tersebut.

Menurut Kepala MTsN VII Tanah Datar, Setrial, masjid ini berperan sebagai tempat relokasi sementara bagi 116 siswa. Dia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Tim DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation yang telah menjadikan madrasah tersebut sebagai pusat trauma healing.

Foto:berbuatbaik

Namun, bantuan tidak berhenti sampai di situ. Tim DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation juga memberikan paket bantuan berupa perlengkapan sekolah dan kebutuhan sehari-hari kepada para siswa yang terdampak. Upaya ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat dan kembali membangkitkan harapan serta kekuatan bagi mereka dalam menghadapi masa depan yang lebih baik.

Adapun donasi kemanusiaan yang telah diberikan oleh berbuatbaik.id senilai Rp 60 juta. Terima kasih sahabat baik atas kepeduliannya kepada para korban. Jangan lupa untuk terus berbagi rezeki kepada mereka yang membutuhkan melalui berbuatbaik.id. Donasi di berbuatbaik.id, 100% tersalurkan.

Donatur

Default User
Hamba Allah
7 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
D*********ria Fahmi
11 hari yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
D********* T
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 5.000
Default User
D********* T
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 5.000
Default User
D********* T
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 2.500

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id