Kembali
Donasi Siaga Bencana: Wujudkan Kepedulian dengan Uluran Tangan untuk Korban Bencana

Donasi Siaga Bencana: Wujudkan Kepedulian dengan Uluran Tangan untuk Korban Bencana

Rp 202.447.191
80.9788764% Complete
Terkumpul dari Rp 250.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tanah Air kembali dirundung duka. Hujan lebat di kawasan Gunung Semeru menyebabkan banjir lahar dingin pada Jumat (7/7) kemarin. Banyak cerita pilu yang hadir di tengah bencana tersebut, salah satunya Miskadin, warga Desa Jugosari, Candipuro, Lumajang yang merupakan satu dari sejumlah warga yang lari menyelamatkan diri.

Dia melihat air sungai bercampur lahar dingin itu telah meluap memenuhi jalan. Aliran deras banjir lahar dingin itu mengerikan. Miskadin sampai tidak sempat berpikir panjang saat membawa istri dan anaknya lari menjauh. Dia langsung keluar rumah menarik tangan istri dan menggendong anaknya yang masih kecil.

Foto:ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya

"Spontan saya langsung menarik tangan istri dan menggendong anak yang masih kecil keluar rumah dan menyelamatkan diri. Ternyata di jalan sudah banyak air bercampur lumpur," katanya kepada detikJatim di Posko Pengungsian Desa Jarit, Candipuro, Sabtu (8/7/2023).

Dia mengaku saat keluar rumahnya dia melihat warga sudah berlarian. Terlihat pula kendaraan petugas BPBD di lokasi membantu mengevakuasi sejumlah warga. Dia dan keluarganya termasuk yang dibantu petugas BPBD. "Dibantu petugas lalu dibawa ke pengungsian," tambahnya.

Meluapnya banjir tersebut membuat masyarakat sekitar panik. Mereka berupaya menyelamatkan diri. Bahkan ada salah satu warga sampai meninggalkan motornya di pinggir jalan saat banjir datang.

Foto:Nur Hadi Wicaksono

Banjir lahar dingin juga terjadi di kawasan Sumberwuluh, Candipuro. Jembatan Gantung Kaliregoyo berguncang hebat diterjang banjir hingga akhirnya putus.

Muntahan lahar dingin Gunung Semeru yang telah merusak 5 jembatan penghubung desa. Atas terjadinya bencana ini, Pemkab Lumajang telah menetapkan tanggap darurat bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru. Masa tanggap darurat itu ditetapkan selama 14 hari. Mulai kemarin tanggal 7 Juli hingga 21 Juli 2023.

Jumlah pengungsi akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, saat ini terus bertambah. Dari data terakhir, tercatat ada 1.038 pengungsi yang tersebar di 18 titik pengungsian. Sebagian korban banjir lahar dingin Semeru mulai mengeluh sakit. Mereka yang mengeluh sakit langsung diperiksa tim kesehatan.

Seperti yang terlihat di Balai Desa Jarit Kecamatan Candipuro, Lumajang. Sebagian pengungsi mendatangi tim medis dari RS Bhayangkara dan Biddokes Polda Jatim yang disiagakan di lokasi.

Foto:Para pengungsi korban banjir lahar dingin Semeru di Lumajang, Jatim. (Antara)

Kebanyakan pengungsi yang menjalani pemeriksaan yakni lansia. Mereka mengeluh mengalami nyeri persendian, sakit kepala, sulit tidur. Selain itu ada yang memiliki penyakit yang dialami sebelumnya.

Sahabat baik kondisi memprihatinkan ini tentunya membuat siapapun tergerak untuk menolong. Jadikan dirimu menjadi tangan-tangan kebaikan bagi korban banjir lahar dingin ini. Dengan doa yang juga disemogakan, semoga masyarakat yang tertimpa musibah bisa dikuatkan dan jangan lupa juga untuk bergerak membantu dengan Donasi di berbuatbaik.id sekarang juga.

Foto:Nurhadi Wicaksono/detikJatim

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Sahabat baik yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

 

Info Terkini

Bantu Atasi Kekeringan, Berbuatbaik.id Salurkan 400.000 Liter Lebih Air Bersih

Jumat, 03 November 2023

Krisis kekeringan dan kurangnya pasokan air bersih yang melanda beberapa wilayah di Indonesia menyebabkan masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. BNPB telah mencatat bahwa lebih dari 116 ribu jiwa mengalami krisis air bersih yang tersebar di 53 kecamatan dan 11 provinsi.

Melihat hal ini, tim berbuatbaik.id turut berupaya dalam mengatasi krisis kekeringan yang ada. Bersama dengan Influencer Sosial, Uncle Teebob, berbuatbaik.id telah menyalurkan sumber air bersih ke 6 kabupaten dan 5 kecamatan, di antaranya yakni Kabupaten Karawang, Sukabumi, Lombok, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Bogor. Selain air bersih, kami juga telah memberikan bantuan lain seperti, distribusi operasional penanggulangan krisis air bersih dan juga bantuan kebutuhan hidup.

Foto:berbuatbaik.id

Berikut beberapa sebaran wilayah dan jumlah penerima manfaat penyaluran air yang telah dilakukan:

1. Kab. Karawang: > 90.000 liter air bersih untuk sekitar 1.200 jiwa
2. Kab. Sukabumi : > 40.000 liter air bersih untuk sekitar 1.000 jiwa
3. Kab. Tasikmalaya : > 96.000 liter air bersih untuk 1.280 kepala keluarga
4. Kab. Pangandaran : > 20.000 liter air bersih untuk 320 kepala keluarga
5. Kab. Bogor : > 129.900 liter air bersih untuk sekitar 2.150 kepala keluarga
6. Kab. Lombok Utara : > 18.000 liter air bersih untuk sekitar 950 jiwa
Raut wajah bahagia juga terpancar dari para penerima manfaat selepas mendapatkan bantuan air bersih dari tim berbuatbaik.id. Mereka juga sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Penyaluran air yang telah dilakukan juga telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BNPB dan Kemensos untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa hari ke depan.

“Kehadiran kita itu pas banget di saat momennya ketika mereka benar-benar membutuhkan air. Waktu itu ada nenek-nenek yang sampe bilang gini, ‘Ya Allah, kalian itu bener-bener pas banget datengnya pas kita lagi butuh’, sampe ngomong gitu,” ucap Uncle Teebob, relawan berbuatbaik.id.

“Sudah sesuai dengan standar BNPB dan Kemensos. Itu satu orang sudah dapet 15 liter perhari dan mereka terpenuhi selama satu minggu ke depan,” lanjutnya.

Foto:berbuatbaik.id

Meskipun penyaluran bantuan air bersih di beberapa wilayah telah selesai, tim berbuatbaik.id tak berhenti sampai di sini. Bahkan, beberapa daerah di Jawa Barat juga masih mengalami krisis air yang parah. Kami masih terus berupaya untuk menyalurkan sumber air bersih ke beberapa wilayah lainnya yang mengalami kekeringan.

“Banyak banget. Tadinya kan hanya Karawang, tapi saya pikir kalau hanya satu daerah saja itu gak bagus juga buat kitanya dan untuk teman-teman yang lain juga. Permasalahannya kekurangan air itu dirasakan oleh beberapa daerah dan yang paling parah di Jawa Barat,” kata Uncle Teebob.

“Tapi kita gak berhenti sampai di situ, kita juga lagi coba cari peluang lain. Salah satu contoh yang bisa diambil itu di daerah Sumba Timur, di NTB. Mereka itu sudah 6 bulan, dari bulan Februari mereka sudah merasakan kekeringan itu. Wilayah lain yang juga menjadi sasaran bantuan itu di daerah Bali. Nanti kita akan coba meng-create bagaimana caranya kita selain mengedukasi ke sekolah-sekolah, kita juga kasih support bantuan air bersih ke daerah Karangasem. Dan di Karangasem itu ada sebuah daerah kayak Kerajaan Karangasem gitu yang termasuk daerah-daerah yang mengalami kekeringan,” lanjutnya.

Foto:berbuatbaik.id

Sahabat baik, terima kasih banyak atas kebaikan dan bantuan yang telah kamu berikan. Bantuan kecil yang kamu berikan dapat bermakna besar bagi orang lain yang membutuhkan. Bantuan kebutuhan air bersih ini yang telah disalurkan mencapai Rp 25 juta.

Mari kita bantu saudara-saudara kita yang mengalami krisis kekeringan atau pun permasalahan lainnya, baik itu kesehatan, pendidikan, bencana alam, dan yang lainnya.

Kamu dapat memulainya dengan berdonasi di berbuatbaik.id! Donasi yang kamu berikan akan 100% tersalurkan ke penerima manfaat tanpa potongan sedikit pun. Bagi kamu yang memiliki komunitas relawan dan ingin bergabung bersama kami juga bisa loh. Kamu bisa langsung mendaftarkannya melalui website berbuatbaik.id.

Yuk, jangan tunda niat baikmu dan berbuat baik dari sekarang juga!

Donatur

Default User
Hamba Allah
17 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Hamba Allah
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 150.000
Default User
T*********ita
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 27.500
Default User
Riris hernanda
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000
Default User
Dimasmewa Widyatmoko
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai potongan biaya apapun
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id