Kembali
Merdeka Tuntut Ilmu! Anak-anak Pesisir Berharap Lembaran Buku

Merdeka Tuntut Ilmu! Anak-anak Pesisir Berharap Lembaran Buku

Rp 8.424.000
28.08% Complete
Terkumpul dari Rp 30.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tawa bahagia anak-anak di taman belajar terdengar jelas kala itu di Taman Belajar yang juga dikenal sebagai Taman Anak Pesisir. Di tempat yang berlokasi di Jakarta Utara, tepatnya di Pelabuhan Kalibaru ini, anak-anak sering berkumpul menuntut ilmu.

Walau tumbuh di lingkungan pelabuhan yang kumuh dan gersang tak sedikitpun semangat belajar anak-anak hilang. Mereka yang merupakan anak-anak nelayan, sering menghabiskan waktu untuk belajar di taman tersebut sembari menunggu orangtua mereka pulang melaut.

Foto:berbuatbaik.id

Pelbagai hal mereka pelajari mulai membaca, membuat prakarya seni, mengaji hingga olahraga. Biasanya para guru datang dari berbagai relawa, seperti pegiat sosial Tubagus Zainal Arifin alias Uncle Teebob yang mau menyisihkan waktu dan tenaganya secara sukarela.

Namun semngat anak-anak yang menggebu ini kontras dengan fasilitas di Taman Baca Pesisir itu. Pasalnya kondisi taman baca, utamanya perpustakaan jauh dari kata layak. Buku-buku masih terbatas sehingga 96 anak nelayan ini kadang terpaksa bergantian membaca. Bahkan tak jarang, anak-anak ini berebut membaca. Kalau sudah begini Tri, salah satu relawan, harus turun tangan menenangkan anak-anak.

“Sekarang jumlahnya ada sekitar 96 anak. Mereka terpaksa bacanya buku-buku bekas itu, karena terbatas jumlahnya jadi rebutan,” ujar Tri kepada tim berbuatbaik.id

Foto:berbuatbaik.id

Kondisi buku-buku yang disediakan pun bukanlah buku-buku baru. Semua buku ini merupakan buku bekas dari sumbangan orang-orang sekitar. Bahkan buku-buku ini sebenarnya tidak cocok untuk bahan bacaan anak-anak karena topiknya yang terlalu berat untuk anak-anak seusia mereka.

“Buku-bukunya terlalu berat, kayak buku bahasa inggris, buku anak-anaknya belum spesifik. Bukunya bekas disumbang dari orang-orang dan teman-teman”, lanjutnya.

Tri mengungkapkan bahwa taman baca ini membutuhkan buku yang ramah anak, seperti buku cerita anak dan ensiklopedia, serta dalam kondisi yang baru. Buku-buku untuk keperluan ibadah seperti Iqro dan Juz Amma juga perlu ditambah lagi.

Walau dengan kondisi serba terbatas, Tri mengungkapkan tak sekalipun anak-anak berhenti datang dan menyerah menuntut ilmu. Mereka pun rela membaca tanpa adanya meja dan kursi hingga alat tulis. Selain kondisi fasilitas, kondisi lainnya yang menyayat hati ketidaktersediaan tenaga relawan yang bersedia meluangkan waktu untuk mereka. Padahal anak-anak ini begitu haus akan ilmu pengetahuan.

Di Ulang Tahun yang ke-77, kondisi Pendidikan di Indonesia masih semuram ini. Banyak sinar semangat anak-anak menuntut ilmu redup karena keterbatasan. Padahal anak-anak bisa mempunyai masa depan cerah jika kita mampu bersama-sama menyalakan cahaya harapan untuk mereka.

Foto:berbuatbaik.id

Sahabat baik pastinya ingin bantu mewujudkan taman belajar yang lebih baik bagi anak-anak ini. Kamu bisa bantu dengan Donasi sekarang juga. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya. Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

 

Donatur

Default User
Hamba Allah
4 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
W*********i Aryawan
5 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
6 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
Hamba Allah
6 hari yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
Hamba Allah
8 hari yang lalu
Donasi Rp 20.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id