Kembali
Pahitnya Hidup Bocah Penjual Gulali, Dipalak Preman hingga Bantu Ekonomi Keluarga

Pahitnya Hidup Bocah Penjual Gulali, Dipalak Preman hingga Bantu Ekonomi Keluarga

Rp 9.400.000
18.8% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Raut muka Muh Ilham Al Qadry Jumakking (9) mendadak panik, sedih, dan kecewa setelah beberapa gulali yang dijualnya dibawa paksa preman pasar di Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulsel. Kejadian ini kerap ada, saat Ilham pergi menjaja gulali buatan ibunya di pasar.

Foto:berbuatbaik.id

Melihat hal tersebut, sang ibu, Sumarni menenangkan Ilham bahwa rezeki pasti tergantikan sehingga Ilham tidak perlu terlalu bersedih. Kepada tim berbuatbaik.id, Ilham mengaku tak mau menyerah untuk terus berjualan gulali atau harum manis guna membantu ekonomi keluarga. Meskipun kejadian tidak mengenakkan seperti ini kerap dihadapinya.

"Biasa kubantu mamaku bikin gulali. Karena gak ada yang temani mama jadi saya mau bantu," ungkap Ilham.

Foto:berbuatbaik.id

Kesungguhan Ilham pun untuk membantu orangtua tak lepas dari hadirnya Nayla, adik Ilham. Nayla adalah anak berkebutuhan khusus yang sehari-hari harus didampingi orangtuanya sehingga Sumarni pun tak punya pilihan untuk tetap di rumah, sementara Ilham pergi berdagang gulali.

Di sela waktu luangnya, Ilham juga sering menemani Nayla dan menyuapinya makan. Dengan sabar, Ilham mengurus Nayla yang terkadang bergerak tak karuan dan begitu aktif. Ilham pun memupuk harapan agar suatu hari nanti Nayla bisa normal seperti anak pada umumnya.

Foto:berbuatbaik.id

"Kalau bisa melihat, bisa pergi sekolah, bisa sembuh belajar, bisa membaca. Biar kayak ilham. Bisa main-main, bisa melihat, bisa jalan," sambung dia mantap.

Niat baik Ilham menyentuh hati orangtuanya. Ibu mana yang rela melihat anaknya begitu bekerja keras untuk keluarga bahkan dirinya mengaku belum bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk seragam sekolah yang sudah lusuh dan penuh tambalan.

Foto:berbuatbaik.id

Sumarni pun meneteskan air mata dengan banyaknya keterbatasan yang dimilikinya. Namun, dia bersyukur bahwa dia masih diberi hidup dan kesehatan serta rezeki yang cukup. Dia melihat masih banyak orang di sekelilingnya yang lebih membutuhkan.

"Iya kita selalu melihat ke bawah Alhamdulillah, kita masih begini masih ada yang lebih di bawah selalu mensyukuri. Alhamdulillah kalau kita bisa makan bisa mencukupi kebutuhan anak-anak itu sudah bersyukur sekali. Masih banyak orang di luar sana masih butuh, ini kita sampai tidak di luar jalan begitu sampai menengadahkan tangan kita Alhamdulillah di rumah anak-anak bisa saya selalu bersyukur sama Tuhan dengan begini kadang pun kita bersyukur," kata Sumarni sambil menangis.

Foto:berbuatbaik.id

Kendati demikian, Sumarni menabung asa suatu saat nanti keluarganya mempunyai kehidupan lebih baik hingga anak-anaknya tidak perlu keluar berjualan lagi. Asa-asa itu bisa diwujudkan sahabat baik dengan Donasi sekarang juga.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
Hamba Allah
1 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
4 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
18 hari yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
25 hari yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
26 hari yang lalu
Donasi Rp 500.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id