Kembali
Bikin Sedih, Perjuangan Anak Tukang Sampah Sembuh dari Kanker Otak

Bikin Sedih, Perjuangan Anak Tukang Sampah Sembuh dari Kanker Otak

Rp 59.093.028
84.418611428571% Complete
Terkumpul dari Rp 70.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tidak seperti anak-anak lainnya yang bebas berlarian dan berlompatan, Anugerah Putra Pratama untuk berjalan saja langkah kakinya tertatih menjaga keseimbangan, supaya tidak terjatuh saat melangkah. Bocah berusia 13 tahun ini didiagnosa mengidap kanker otak kecil pada tahun 2019.

Putra menjalani hari-harinya bersama neneknya, Sumiyati semenjak Ia berusia tiga bulan, tepatnya di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa tengah.

“Rasa sakit hati saya itu kok bisa anak sekecil itu bisa kena penyakit itu. Saya pikir sendiri, Astaghfirullahaladzim kok bisa cucu saya punya sakit seperti itu. Bilang katanya mau dioperasi itu rasa saya gimana itu ya, Sakit sekali. Ini cucu kesayangan saya. Saya kan orang nggak sekolah. Jadi nggak tahu apa-apa. Saya cuma baca Al Fatihah saja sampai 3 kali supaya cucu saya bisa selesai melewati operasinya itu,” ujar Sumiyati terkenang saat masa-masa sulit Putra.

Foto:berbuatbaik.id

Putra merupakan anak yang rajin beribadah. Meski menderita tumor otak, anak kelas enam sekolah dasar ini tetap semangat berangkat ke masjid untuk melaksanakan salat berjemaah.

Kedua orangtua Putra yakni Joko dan Fina beserta adik bungsunya, Putri, tinggal di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Joko bekerja sebagai tukang sampah di daerah Sleman, sedangkan Fina bekerja sebagai asisten rumah tangga.

Foto:berbuatbaik.id

Kendati demikian, orangtuanya rajin menengok Putra. Apalagi saat ada jadwal untuk kontrol ke dokter. Fina mengaku selama pengobatan Putra, hidup keluarga ini jatuh bangun dilanda kesedihan. 

“Sedih sih, Pak. Masak seusia segini sudah punya sakit. Biar Ibunya saja yang sakit ngerasain. Sedih. Belum lagi pas dia sempat nggak sadarkan diri. Sudah bingung, Pak. Sedih banget. Karena dia anak saya satu-satunya laki-laki. Apapun saya perjuangkan walaupun kita habis banyak uang. Yang penting dia sembuh. Itu aja,” ucap Fina terkait anak sulungnya itu.

Foto:berbuatbaik.id

Keterbatasan hidup membuat keluarga ini harus terpisah dikarenakan tidak ada yang bisa mengawasi Putra saat kedua orang tuanya pergi bekerja. Bekerja sebagai tukang sampah menjadi satu-satunya harapan Joko untuk bisa bertahan hidup meski gaji yang diterima hanya sekitar Rp 500 ribu per bulan.

“Kenapa kok saya? Saya ini orang nggak mampu. Saya ini orang miskin. Maksudnya untuk makan sehari-hari saja sudah cukup, sudah Alhamdulillah. Kenapa kok malah saya yang diberi cobaan kayak gini, Kok nggak orang-orang yang kaya-kaya, yang banyak uangnya. Jadi kadang juga pernah kepikiran kayak gitu, tapi semua itu saya ambil hikmahnya saja. Mungkin di balik itu semua ada rencana Tuhan yang lebih baik buat saya dan keluarga,” tambah Joko sambal berurai air mata.

Di tengah himpitan ekonomi dan kondisi Putra, Joko masih bersyukur karena tidak semua biaya pengobatannya ditanggung sendiri. Operasi yang sudah dilalui Putra sebanyak tiga kali dan semuanya ditanggung BPJS Kesehatan.

Foto:berbuatbaik.id

Namun masih ada beberapa obat yang harus dibeli karena tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Terlebih lagi ketika Putra mengalami serangan dan harus dirawat di rumah sakit, tentunya banyak sekali biaya yang harus keluarkan. Putra juga masih harus kontrol ke rumah sakit karena terkadang penyakitnya kambuh.

Putra tentunya masih membutuhkan bantuan sahabat baik untuk menyembuhkan penyakitnya. Jangan biarkan Putra dan keluarganya berjuang sendiri, kamu bisa mendukungnya dengan donasi sekarang juga. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Info Terkini

Mulai Masuk SMP, Anugerah Semakin Kuat dan Bahagia

Masih ingat dengan Anugerah Putra Pratama ? Seorang anak tukang sampah yang pernah alami kanker otak kecil dan kini masih dalam pemulihan. Oleh karena itu, Anugerah pun harus tetap menjalani kontrol di RSUP Dr Sardjito.

Dalam kesempatan kontrol kali ini, Anugerah dan keluarga ditemani tim berbuatbaik.id yang datang langsung dari Jakarta. Dalam pemeriksaan rutin ini, tim dokter melihat adanya perkembangan Anugerah yang terus mencoba pulih.

"Lihat secara klinis kegawatdaruratan tidak ada karena cukup baik, itu dilihat dari keadaan umumnya, tapi kalau dilihat dari sisi fungsionalnya ada gangguan kondisinya menetap dari yang dulu. Kalau masalah seperti ini, itu tidak bisa dibilang sembuh total ya tapi kita bisa bilang mengurangi gejalanya ini kan masalahnya bawaan sejak lahir jadi untuk sembuh totalnya sulit tapi kita lebih bisa mengurangi gejalanya," papar dr Damar yang menganalisis kondisi Anugerah.

Foto:berbuatbaik.id

Oleh karena kondisi Anugerah masih belum stabil, dokter pun menyarankan adanya pembedahan lagi. Hal ini dilakukan agar Anugerah tidak mengalami pusing dan gangguan keseimbangan lagi.

"Jadi sudah kami periksa dan dievaluasi lagi memang ternyata gaggguan keseimbangan masih ada. Otak kecilnya ada yang berdesakan karena penimbunan cairan dan yang sekarang lebih membesar itu yang kita jadikan indikasi operasi kembali," sambungnya.

Dalam pemeriksaan ini, Anugerah dites berjalan untuk memastikan kemampuan keseimbangannya. Keluarga pun mengatakan untuk melakukan operasi lanjutan Anugerah perlu CTs Scan lagi.

"Dokter menyarankan untuk CT Scan lagi dan dilakukan operasi lagi pemasangan selang untuk memperkecil tumor," kata ayah Anugerah, Joko.

Selepas pemeriksaan rutin di RSUP Sardjito, tim berbuatbaik.id mengajak keluarga untuk membeli sembako dan kebutuhan sekolah Anugerah. Apalgi kini Anugerah sudah memasuki SMP. Joko mengatakan bahwa Anugerah membutuhkan perhatian khusus mengingat dia belum pulih benar.

"Untuk kebutuhan sekolah agar ada pengawasan khusus dari guru-guru, saya telah menginformasikan kondisi Anugerah. Dan untuk pelajaran olahraga ga bisa," lanjut dia.

Foto:berbuatbaik.id

Joko pun mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kebaikan hati sahabat baik. Bukan hanya telah membelanjakan donasi untuk membeli kebutuhan hidup dan sekolah, Joko juga mengatakan berencana membuka warung angringan untuk menambah penghasilan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para donatur. Seemoga donasi yang diberikan bermanfaat, barokah dan para donatur dibalas yang lebih sama yang kuasa," tutup dia.

Sebagai informasi, termin pertama donasi yang telah disalurkan sebanyak Rp 25 juta yang mencangkup kebutuhan sebagai berikut.

Transportasi Kebutuhan Anugerah Rp 1.513.000
Sembako Rp 987.250
Pengobatan Rp 128.000
Seragam dan kebutuhan sekolah Rp 2.500.000
Sewa rumah dan lokasi angringan setahun Rp 7.000.0000
Modal Usaha dan Biaya Hidup Rp 12.871.750

Foto:berbuatbaik.id

Bantuan ini tentunya tidak akan terwujud tanpa uluran tangan sahabat baik. Terus bantu wujudkan kebahagiaan untuk kelurga ini dengan Donasi sekarang juga.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
Hamba Allah
3 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
ERICK HALIM
30 hari yang lalu
Donasi Rp 20.000
Default User
Hamba Allah
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Y*********ra Utama
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
KIMURA
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 384.363

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id