Kembali
Di Tengah Sesaknya Napas, Kakek Sukarno berjuang Hidupi 2 Cucu dari Memulung

Di Tengah Sesaknya Napas, Kakek Sukarno berjuang Hidupi 2 Cucu dari Memulung

Rp 50.314.888
100% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Di dalam kawasan permukiman Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, terdapat rumah petak ukuran 2x4 m persegi yang dihidupi Kakek Sukarno (77) dan dua cucunya yaitu Sofi (10) dan Arafah (4). Rumah ini begitu mencolok, bukan lantaran kemewahannya melainkan rumah ini tampak begitu kumuh. Untuk masuk saja harus menunduk karena tinggi pintu lebih rendah dari rata-rata.

Di dalamnya terserak banyak barang dan tumpukan baju. Sempit dan tanpa ventilasi membuat rumah ini terasa begitu pengap. Kondisi rumah yang seperti ini juga membuat Kakek Sukarno mengalami sesak napas, namun belum jelas penyakit jantung atau paru yang dideritanya.

Foto:Sukarno

Sesak napas ini juga sering terjadi apalagi jika dia banyak bergerak. Kalau sudah begini dia hanya mengandalkan sebotol tabung oksigen pemberian donatur yang dia hirup dalam-dalam.

"Paru-paru bilangnya kronis tapi waktu di icu ga ada apa-apanya, disuruh pulang, sampai sini kambuh lagi. Alhamdulillah sampai sekarang sendirian dikasih penyakit begini, mana ditingalin cucu tiap hari nangis minta makan jajan," kata Kakek Sukarno kepada tim berbuatbaik.id.

Kakek Sukarno adalah penopang cucu-cucunya setelah sang anak tak kembali karena mencari nafkah, sedang istrinya meninggal 2 tahun lalu. Kakek Sukarno menggantungkan hidupnya dari memulung botol-botol plastik yang hanya laku Rp 10 ribu untuk 2 kilo botol plastik. Sehari-hari dia dibantu para cucunya mengitari permukiman Cilincing mengais-ngais tempat sampah dan mencari yang bisa dijual.

Foto:Sukarno

"Tapi kalo lagi sesek gini emang susah banget buat kerja buat nyari uang sendiri. Kemarin abis nyari, waktu bulan haji itu semaleman nyesek banget. Terus sampe sekarang ga berhenti-henti. Kadang makan 2 kali sehari, kadang makan nasi 2 hari sekali. Kadang 3 hari baru ketemu nasi, yang penting cucu kita. Ya gimana nasib kita kaya gini ya terima aja," ucap Kakek Sukarno pasrah.

Cucunya, Sofi, pun sering membantu sang kakek setelah putus sekolah 2 tahun lalu. Sofi memendam keinginan bisa kembali ke sekolah namun administrasi sekolah memberatkannya. Di waktu senggang, seperti anak lainnya Sofi biasa bermain. Meski terlihat ceria, Sofi nyatanya sedih akan keadaan.

Foto:Sukarno

"sofia sih pengennya kakek sembuh. Di rumah itu Sofi ga betah karena sempit. Kadang-kadang suka dihina, katanya Sofi miskin," tutur bocah ini menangis.

Kakek Sukarno dan 2 cucunya cuma bisa menerima nasib. Penyakitnya pun dia biarkan karena jika dia dirawat di rumah sakit, Kakek Sukarno bingung siapa yang akan merawat cucunya ini.

Dia punya harapan agar kelak hidupnya lebih baik dan dirinya bisa tetap kuat menopang hidup 2 cucu yang masih kecil. Sahabat Baik punya kesempatan untuk berbagi di bulan yang penuh berkah ini. Kamu bisa menyisihkan sebagian rezekimu agar kehidupan Kakek Sukarno dan cucunya membaik. Dia ingin rumah yang layak dan juga sembuh dari penyakit sesaknya. Caranya dimulai dengan klik tombol Donasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Info Terkini

Alhamdulillah Rumah Baru Sudah Rampung, Lihat Kebahagiaan Kakek Sukarno

Beberapa waktu lalu, tim berbuatbaik.id mendatangi kediaman Kakek Sukarno yang sudah rampung setelah pengerjaan kurang lebih satu bulan lamanya.

Rumah yang dulunya begitu memprihatinkan yang hanya berbilik kayu hingga langit-langit yang begitu rendah kini sudah berubah menjadi lebih baik.

Rumah seluas 4 x 6 m persegi itu sudah berdinding tembok dengan cat biru dan putih. Jika sebelumnya tidak ada kamar tidur dan kamar mandi yang layak namun kini rumah baru Kakek Sukarno mempunyai ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur hingga dapur.

Foto:berbuatbaik.id

Sekian tahun hidup di rumah yang sempit nan kumuh, kini Kakek Sukarno tak lagi merasakan hal tersebut bersama kedua cucunya. Dulu akibat lingkungan tempat tinggalnya yang kumuh dan tidak terawat dengan baik, Kakek Sukarno kerap mengalami gangguan pernapasan selama menetap di sana.

Sekarang dengan hadirnya rumah baru, Kakek Sukarno bisa bernapas lega dan tidak takut kebocoran dan kebanjiran lagi. Kepada tim berbuatbaik.id, Kakek Sukarno mengekspresikan kebahagiaannya.

Kakek mengaku senang akhirnya dapat tinggal di rumah yang lebih luas, dengan begitu para cucunya bisa leluasa bermain. Dia pun berharap rumah baru ini mendatangkan berkah untuk keluarganya.

“Harapan saya ya namanya orang susah, namanya orang tidak punya pekerjaan, hanya mencari sampah, saya berharap untuk membesarkan kedua cucu dan menghidupi keluarga”, ucap Kakek Sukarno dengan senyum.

Foto:berbuatbaik.id

Di akhir perjumpaan, Kakek Sukarno mengucapkan ribuan terima kasih kepada tim berbuatbaik,id atas kebaikan hati untuk membantu membuatkan rumah baru baginya.

"Terima kasih ada bantuan begini, kita di sini susah. Mudah-mudahan (donatur) diberi kesehatan wal afiat, banyak rezeki. Saya di sini tidak bisa apa-apa, saya doakan setiap malam saja mudah-mudahan yang memberi kesehatan, banyak rezeki dan panjang umur dan juga dapat jodoh yang baik," tuturnya.

Di lain pihak, Satriawan selalu relawan yang banyak membantu pengerjaan rumah ini pun menghaturkan ucapan syukur dan terima kasih kepada berbuatbaik.id dan juga sahabat baik.

“"Terima kasih banyak partisipasi, kepedulian, dan perhatiannya Kakek Sukarno yang tinggal di Kalibaru telah mendapatkan donasi. Alhamdulilah rumah kakek sudah banyak perubahan untuk pernapasan juga sudah mendapatkan oksigen yang lebih baik. Ruangannya sehat, bersih dan steril," jelas pria yang akrab disapa Wawan ini.

Sebagai informasi, berkat kebaikan hati para sahabat baik, donasi sejumlah Rp 50.314.888 telah terkumpul untuk Kakek Sukarno membangun rumah barunya. Adapun rincian donasi meliputi,

Rincian Donasi

1. Sembako Rp 1.000.000
2. Pembangunan Rumah Rp 46.678.000
3. Kasur 1.992.545
4. Kebutuhan Hidup Rp 644.343

Foto:berbuatbaik.id

Terima kasih sahabat baik, tanpa bantuan sahabat baik sulit Kakek Sukarno mendapatkan rumah yang layak. Meskipun demikian, masih banyak orang-orang kurang beruntung di luar sana yang membutuhkan bantuan para sahabat baik. Oleh karena itu, uluran tangan sahabat baik akan membantu mereka. Jadi ayo mulai Donasi sekarang juga melalui berbuatbaik.id.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Donatur

Default User
K*********iprasetyo
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
Hamba Allah
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
I*********
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
TKMR
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 3.600.000
Default User
tri setiawan
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 250.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id