Kembali
Halil, Atlet Renang Disabilitas Berjuang Hidup dari Berjualan Tisu

Halil, Atlet Renang Disabilitas Berjuang Hidup dari Berjualan Tisu

Rp 14.948.000
29.896% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Siang terik itu di lampu merah Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Halil (35) menghampiri satu per satu mobil yang berhenti. Dengan sabar, pria asal Jambi ini menawarkan tisu yang dia jual dengan harga Rp 10 ribu. Hari itu Halil punya pendapatan yang lumayan karena dari 60 tisu yang dibelinya sudah laku 10 buah.

Tidak seperti pedagang lainnya, Halil adalah seorang disabilitas daksa, salah satu kaki dan tangannya tumbuh tidak sempurna.

Foto:berbuatbaik.id

"Disabilitas saya dari lahir. Awalnya, cerita kakak saya, almarhum ortu saya pada kandungan usia 2 bulan kena serangan kanker payudara dibawa ke mantri, terus dikasih obat dan saya terpengaruh dari obat itu. Usia 6 bulan payudara mama saya itu diamputasi. Saya lahir disabilitas," jelas Halil kepada tim berbuatbaik.id.

Namun, pria tangguh ini memilih tak menyerah pada keadaan. Bahkan di balik keterbatasannya itu, dia menorehkan prestasi sebagai atlet renang. Tak main-main, dia pernah mendapatkan medali perak dalam pekan paralympic Peparda Jabar 2018. Dia pun memasang target emas pada Peparda Jabar 2022. Halil juga akan mewakili atlet nasional Paralympic Committe Indonesia Kabupaten Bekasi.

Foto:berbuatbaik.id

"Mau ada Peparda lagi, tuan rumah Kab. Bekasi. Mungkin nanti saya akan ambil di 3 nomor, ya mungkin bebas, kupu, dan dada ataupun punggung," sambungnya.

Halil yang terdaftar atlet sejak 2017 ini mengatakan semua kerja kerasnya mulai berdagang tisu hingga mengikuti kompetisi renang, tak lain untuk anak dan istri tercinta. Pria yang tinggal di Bekasi Timur ini mengatakan tak mau putus asa dan akan terus berjuang menorehkan prestasi.

Foto:berbuatbaik.id

"Dukungan dari anak istri tuh ga bisa diungkapkan dengan kata-kata ya yang jelas dari senyuman dan doa mereka itu yang bikin saya greget dan semangat," ucapnya.

Menjelang kejuaraan, Halil harus berlatih 5 kali dalam seminggu yang dia lakukan di Area Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

"Berawal dari 2 tahun lalu, dari jalan dagang kemudian dia mengetahui ada pembinaan disabilitas prestasi olahraga, Halil bergabung dengan renang. Program latihan semangatnya luar biasa baru timbul. Karena disabilitas unik, disamping gerak, motivasinya juga ikut. Uniknya mental Bang Halil punya semangat luar biasa, semua dilahap," ungkap pelatihnya, Mulya Damanhurie.

Foto:berbuatbaik.id

Bukan hanya pelatih yang mengapresiasi semangatnya, sang istri, Rosnah, berujar kalau dirinya mencintai Halil karena pengorbanan dan kerja kerasnya untuk keluarga.

"Ya apa adanya. Pekerja keras, menghidupi keluarga luar biasa. Sampai sekarang apa-apa semua buat keluarga. Gak pernah bentak. Gak pernah marah," sebut Rosnah sambil berurai air mata.

Foto:berbuatbaik.id

Rosnah pun tak henti berdoa dan menyemangati Halil untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan keluarganya. Bukan hanya Rosnah dan pelatih, Sahabat baik pun bisa memberikan dukungan untuk Halil dengan cara Donasi di berbuatbaik.id. Halil mengatakan dirinya kini membutuhkan motor modifikasi untuk berjualan tisu dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan motor ini pun dia bisa lebih leluasa berjualan dari Jakarta dan pulang ke Bekasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
Hamba Allah
19 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
H*********chiardi
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
3 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
I*********
3 bulan yang lalu
Donasi Rp 2.000
Default User
Hamba Allah
3 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id