Kembali
Tanpa Orangtua, Tanti Berjuang Banting Tulang Urus Nenek Stroke dan Adik

Tanpa Orangtua, Tanti Berjuang Banting Tulang Urus Nenek Stroke dan Adik

Rp 41.377.999
82.755998% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Pagi itu Tanti Yunita (16) sudah sibuk mempersiapkan sarapan untuk adiknya, Rizki (6) dan sang nenek, Mak Juriah (60).  Dengan cekatan, Tanti memasak nasi goreng, menyuapi sang nenek yang terbaring stroke hingga memakaikan baju dan mengantar sekolah adiknya.

Sudah 4 tahun, Mak Juriah mengalami stroke dan terbaring lemah di atas kasur seadanya dan separuh tubuhnya lumpuh. Di lain pihak, ayah dan kakaknya pergi bekerja merantau menjadi kuli bangunan di Bandung. Sementara ibunya menjadi TKI di Arab Saudi.

Foto:berbuatbaik.id

Dengan kondisi seperti ini, mau tak mau Tanti menjadi tumpuan untuk merawat adik dan neneknya. Bukan cuma mengurus keperluan keduanya Tanti juga harus membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kondisi ini pun memaksa Tanti menyerah pada sekolah, sekitar 4 tahun lalu, saat dirinya seharusnya melanjutkan ke jenjang SMP.  Saat ditanya mengenai hal ini, gadis manis ini hanya menangis. Seolah beban di pundaknya begitu berat.

“Ya harus gimana lagi gitu. Pengen bahagiain (adik) kayak orang lain. Gak kayak aku gitu putus sekolah,” ucapnya sambil tersedu ke tim berbuatbaik.id

Foto:berbuatbaik.id

Siang hari, Tanti bekerja membantu tetangganya mengolah singkong dengan upah hanya Rp 15 ribu. Dirasa tidak culup, Tanti pun mengais rezeki lainnya dengan mencari tutut di sawah tetangga. Tutut itu lalu dimasak dan dijajakan ke kampung. Jika dagangannya tidak habis maka tutut tersebut jadi santapan makan malam Tanti dan keluarga.

Foto:berbuatbaik.id

Makan sebenarnya bukan menjadi prioritas bagi Tanti. Dia mengatakan, sang adik dan nenek adalah yang utama. Mereka kenyang, Tanti pun senang.

“Saya mah jarang makan. Adik sama nenek saja,” ucapnya pendek sembari menangis lagi.

 

Foto:berbuatbaik.id

Remaja ini tak punya pilihan. Demi orang-orang yang disayanginya, Tanti merelakan masa remajanya bahkan sekolahnya. Beruntung, ada pihak yang membantu Tanti mendapatkan pendidikan kesetaraan Paket B.  Tanti kini mencoba sekali lagi berjuang untuk masa depannya.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya. Kamu juga bisa membantu Tanti meraih cita-cita dan membahagiakan keluarganya.

Caranya sederhana, sahabat baik bisa memulai langkah baik dengan klik Donasi sekarang juga. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

 

 

 

 

 

Donatur

Default User
Hamba Allah
26 hari yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
J*********ianto
27 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
30 hari yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
Hamba Allah
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
1 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id