Kembali
Perjuangan Mak Amih, Nenek Penjual Comro Hidupi 2 Cucu

Perjuangan Mak Amih, Nenek Penjual Comro Hidupi 2 Cucu

Rp 27.608.500
55.217% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Sedihnya nasib Mak Amih, di usianya yang memasuki senja dia tetap harus bekerja keras. Langkahnya yang kian lemah serta keriput kentara di wajahnya menjadi bukti beratnya hidup Mak Amih sekarang ini.

Betapa tidak, kini nenek yang sudah 67 tahun ini harus menghidupi 2 cucunya, Putri Aulia (11) dan Mahendra Ramdan (7) yang tinggal bersamanya. Sementara orangtua anak-anak ini pergi meninggalkan mereka, setelah bercerai. Sang ibu ikut suaminya, dan ayahnya sudah lama tidak pulang.

Kini tinggal lah Mak Amih yang menjadi penopang Putri dan Ramdan. Maka setiap pagi Mak Amih pergi ke sawah dan membersihkan gulma.

“Tiga puluh ribu sehari. Dikasih makan dua kali. Kerjanya sampai bedug azan. Gak cukup tapi cukup ga cukup ini buat sekolah (cucu)” kata Mak Amih kepada tim berbuatbaik.id di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jika matahari sudah semakin tinggi, Mak Amih mulai berkutat di dapur, menyalakan kompor yang masih tanah liat lalu membuat comro, bala-bala hingga gehu untuk dijual keliling.

Rumah Mak Amih pun begitu memprihatinkan karena hanya berupa rumah panggung beranyaman bambu. Di dalamnya hanya ada satu kamar tidur, dapur serta ruang utama. Sementara kamar mandi dibuat terpisah menggunakan terpal dengan toilet yang hanya baluran semen.

Mak Amih kini tinggal sendiri mengurus kedua cucunya, setelah 4 bulan lalu suaminya meninggal dunia. Mak Amih pun tak mau berdiam diri meski sedih masih menggelayuti setiap kali Mak Amih bersama cucu berdoa di pusaran suaminya.

Mak Amih bertekad membuat kedua cucu yang disayanginya bisa tetap kenyangWalau begitu setiap habis keliling Desa Tenjowaringin berjualan, Mak Amih mengeluhkan rematik yang menggerogoti kakinya. Tapi asalkan kedua cucunya bisa terurus dia tak mau lagi merasakan sakit itu.

“Saya ya gini ajalah, buat cucu cucu aja saya sih,” ucapnya pasrah.

Sahabat baik, jangan biarkan Mak Amih berjuang sendirian mengurus dua cucunya. Tegarkan pundaknya agar tetap penuh kasih sayang menjaga keluarganya. Cara membantu Mak Amih sederhana, kamu bisa memulai Donasi sekarang juga.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

 

Donatur

Default User
Hamba Allah
22 hari yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
29 hari yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
2 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
3 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id