Kembali
Tegarnya Mak Ikah, Nenek 70 Tahun Rawat Anak Berkebutuhan Khusus dan Adik Stroke

Tegarnya Mak Ikah, Nenek 70 Tahun Rawat Anak Berkebutuhan Khusus dan Adik Stroke

Rp 50.034.813
100% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Pagi itu Ica (30) menangis keras. Anak berkebutuhan khusus ini tahu kalau ibunya, Mak Ikah (70), akan meninggalkannya ke ladang. Dengan tangannya yang sudah keriput dan wajahnya yang teduh, Mak Ikah membelai kepala Ica dan menenangkannya. Namun sebelum benar-benar pergi, air mata Mak Ikah tumpah juga karena tak kuasa meninggalkan Ica di rumah.

“Gimana atuh sedih emak saban hari, gitu gimana?“ kepada tim berbuatbaik.id sembari menyeka air matanya dengan jilbab yang dikenakannya.

Warga Garut, Jabar, ini tak punya pilihan karena dia adalah satu-satunya pencari nafkah bagi Ica yang walau sudah berumur 30 tahun, tetapi masih seperti anak kecil karena down syndrome. Ditambah lagi, ada adiknya, Mak Jua, yang juga tinggal di rumahnya. Mak Jua tidak selalu bisa diandalkan menjaga Ica karena Mak Jua pun mengalami stroke sebelah tubuhnya.

Oleh karena itu, pilihan Mak Ikah hanyalah pasrah dan terus tegar bekerja keras mencari rupiah. Pekerjaan apapun dilakukan nenek 70 tahun ini. Walau jalan pun sudah tertatih, tetapi Mak Ikah berusaha kuat menjalani semuanya, mulai dari menyiangi padi, mencabuti eceng gondok dan sausin hingga mencari kayu bakar.

Bohong jika nenek ini tidak merasakan kepayahan. Sambil tersenyum getir, Mak Ikah terkadang mengeluhkan rematik yang dideritanya.

“Iya kerja aja neng gak dirasa, sembuh-sembuh sendiri,” ucapnya pasrah.

Namun pekerjaan Mak Ikah ini tidaklah tetap, sesuai permintaan dari tetangga. Terkadang dia pernah tak mendapatkan uang sepeserpun. Kalau sudah begitu, Mak Ikah dan keluarga hanya bisa makan seadanya saja.

“Seadanya aja di rumah kalau ada garam boleh direbus sama cabe sama nasi, kasih air putih godogan aja langsung mak makan,” kata Mak Ikah sederhana.

Beban Mak Ikah juga belum selesai sampai di sini. Mak Ikah pun tidak mempunyai rumah yang layak huni, bahkan tanpa kamar mandi. Sehingga untuk cuci dan mandi harus menumpang ke tetangga. Rumah ini juga semakin menyedihkan karena bocor di mana-mana dan tanpa ventilasi.

“Betulin rumah aja kalau punya uang, betulin supaya gak bocor. Udah capek, udah tua, pengennya warungan gitu ya neng kalau ada uang. Udah capek keliling-keliling aja saban hari tinggal ini sendiri,” ungkap Mak Ikah penuh harap.

Mak Ikah tidak bisa menggantungkan hidupnya ke orang lain karena suami Mak Ikah dan Mak Jua telah meninggal dunia. Untuk berobat pun keduanya tak mampu karena layanan BPJS Kesehatan milik keluarga ini sudah nonaktif. Namun dengan segala keterbatasan, tak membuat keluarga ini menyerah pada hidup dan tetap saling menopang.

Sahabat baik, kuatkan terus keluarga ini melalui tangan-tangan mulia dari kalian. Caranya sederhana, cukup dengan donasi di berbuatbaik.id.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Info Terkini

Ada Kamar Mandi Baru, Mak Ikah Sudah Tak Kesusahan Lagi!

Alhamdulillah, kini Mak Ikah tak perlu menumpang lagi untuk mandi dan buang air di rumah tetangga karena sudah mempunyai kamar mandi baru. Pembangunan kamar mandi ini tak luput dari bantuan #sahabatbaik yang sudah berdonasi untuk Mak Ikah.

Senyum kebahagiaan terlukiskan di wajah lansia berusia 70 tahun ini. Sebelumnya, untuk mandi, buang air dan mencuci, Mak Ikah selalu menumpang di rumah tetangganya yang letaknya jauh.

"Terima kasih Sahabat Baik, sekarang udah punya WC baru!" ucap Mak Ikah.

Foto:berbuatbaik.id

Kamar mandi baru Mak Ikah seluas 1,5x2 m itu sudah rapi dengan paduan keramik berwana hijau dan merah muda serta bercat hijau. Selain itu, beberapa perlengkapan juga sudah tersedia seperti bak, kloset hingga keran.    

Sebelumnya, tim sudah menyerahkan kebaikan hati sabahat baik kepada Mak Ikah secara langsung sebesar Rp 50.034.813. Adapun rinciannya sebagai berikut.

  • Sembako, Baju, Kasur Lipat: Rp 3.021.838
  • Bahan Bangunan dan tukang: Rp 20.000.000
  • TV, Antena, Braket: Rp 2.625.000
  • Donasi uang tunai Rp 24.387.975
Foto:berbuatbaik.id

Selain Mak Ikah, masih banyak orang-orang diluar sana yang membutuhkan pertolongan. Kamu bisa mulai menyalurkan kebaikan hatimu dengan berbuat baik di berbuatbaik.id. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga!

Donatur

Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 250.000
Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
S*********oto
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 10.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id