Kembali
Ditendang Sapi, Leher Rafli Bolong dan Infeksi Saluran Pernapasan

Ditendang Sapi, Leher Rafli Bolong dan Infeksi Saluran Pernapasan

Rp 50.000.000
100% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Napas Rafli Alvis Sattriya tersengal-sengal saat dijumpai tim berbuatbaik.id di Sawahlunto, Sumbar. Sesekali anak umur 8 tahun ini menutupi lubang udara di lehernya itu setiap hendak bersuara. Kata Rafli, jika tidak ditutup suara dia tidak keluar.

Dengan wajah yang tetap ceria, Rafli yang pernah mendapat bantuan dari Rumah Asuh ini menceritakan kembali awal mula lubang itu menganga di lehernya. Saat mengembalakan sapi milik tetangganya, Rafli ditendang sapi hingga mengenai hidung dan lehernya.

“Awalnya ke sawah pas lagi makan padi, dia tendang juga Rafli hidung sama leher. Sudah 4 bulan lebih tidur cuma 5 menit, 5 menit bangun,” kata bocah kelas 2 SD ini polos ke tim berbuatbaik.id

Ibu Rafli, Purmanip, mengatakan selepas ditendang itu hidung Rafli mimisan, bahkan saat tidur Rafli mengorok. Melihat kondisi tak wajar anak keduanya itu, Purmanip terus terjaga sepanjang malam. Dia khawatir napas Rafli bisa terhenti sewaktu-waktu.

“Kondisinya pas awal ditendang sapi itu hidungnya mimisan, awalnya mimisannya gak banyak, cuma gak ada di bawa ke RS dulu. Beberapa bulan setelah itu parah, malam tidurnya ngorok kirain memang tidurnya ngorok malamnya, ditungguin biar napasnya gak lewat. Susah napasnya harus ditungguin tiap malam,” cerita Purmanip.

Namun karena tak ada biaya, Rafli hanya diobati seadanya, membuat luka di dalam hidung dan tenggorokannya semakin parah. Begitu parahnya hingga Rafli sempat gagal bernapas. Ia bisa menghirup udara, tapi tidak bisa mengeluarkannya. Saat itu dadanya sampai cekung.

Hingga akhirnya, Rafli dinyatakan mengalami infeksi saluran pernapasan dan dioperasi. Kini di leher Rafli ada alat bantu pernapasan berupa lubang. Sebabnya Rafli bisa bernapas tetapi tidak bisa mengeluarkannya. Sejak alat bantu pernapasan menempel di lehernya, Rafli terpaksa tidak sekolah dan belajar dari rumah.

Alasan pihak sekolah tak lain khawatir, Rafli mengalami sesak di sekolah dan terkontaminasi kuman saat bermain dengan teman-temannya.

Orangtua Rafli hanya bisa pasrah, apalagi mereka hidup dari mata pencarian ayahnya sebagai pemecah batu dan ibunya bekerja serabutan untuk membantu ekonomi keluarga.

Beban keluarga ini semakin berat, saat di rumahnya kini tinggal sang nenek yang mengalami lumpuh dan harus diurus keperluan sehari-harinya.

“Karena anak-anak ini dan orangtua kita harus kuat. Dia masih butuh perhatian dan suport dari kita,” kata Purmanip pasrah.

Tahu orangtuanya begitu bekerja keras, terkadang Rafli dan sang kakak, Farel, memunguti durian yang jatuh di kebun lalu kemudian dijual. Sebagai kakak, Farel sangat berharap adiknya cepat sembuh. Meski tak selamanya mereka akur, Farel tetap merasa Rafli adalah sahabat terbaiknya.

“Sedih gak bisa bawa Rafli gembala lagi, gak bisa sekolah lagi, gak ada teman main, ngerasa sepi. Semoga Rafli cepat sembuh dan bisa bermain lagi sama Farel, bisa mandi-mandi lagi di sungai,” tutur Farel dengan suara yang parau.

Perasaan yang sama juga menggelayuti sang ayah, Alfadison. Dengan hanya upah pemecah batu sebsar Rp 110 ribu per bulan atau bahkan tak bawa uang sama sekali. Alfadison tetap berusaha tegar dan menjadi penopang yang kuat untuk keluarganya. 

“Sekarang gak bisa main lagi, gak bisa sekolah. Kita takut kehilangan anak itu. Semua orangtua gitu takut kehilangan anak. Kita mau lihat dia main, bisa sekolah lagi,” ucapnya penuh harap.

#sahabatbaik, jangan biarkan keceriaan Rafli meredup karena infeksi pernapasan ini. Rafli butuh uluran tangan dari sahabat baik yang berhati mulia, karena Rafli akan menjalani terapi dan operasi kembali, sehingga membutuhkan banyak biaya yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Jadi wujudkan kebaikan hatimu dengan donasi sekarang juga.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Info Terkini

Operasi Pemasangan Kanul Trakeostomi di RSCM Selesai, Rafli Sudah Kembali ke Sawahlunto Sumbar

Pada 9 Juni lalu adalah waktu yang mendebarkan bagi Rafli, anak yang punya lubang di lehernya akibat ditendang sapi. Pasalnya hari itu dokter di RSCM Jakarta memutuskan untuk melakukan pergantian cannule Trakeostomi pada Rafli.

Pembedahan medis ini bertujuan mengganti selang di tenggorokan Rafli sehingga rongga saluran napas Rafli lebih baik. Dalam operasi ini Rafli ditemani sang ayah, Alfadison, dan relawan berbuatbaik.id sekaligus Tapak Humanity, Abu Hanifah.

"Bagi saya, ini adalah suatu pendampingan pasien secara totalitas. Belum pernah saya harus masuk ke dalam ruangan operasi mendampingi pasien," ucap Abu Hanifah yang biasa dipanggil Babe kepada tim berbuatbaik.id

Selepas operasi, Babe mengatakan kondisi Rafli baik namun beberapa waktu belum bisa mengeluarkan suara ketika berbicara. Namun kondisinya membaik dan kembali ceria seperti sedia kala.

"Kalau ditutup buat lancar suara, kalau gak ditutup anginnya keluar kencang," kata Rafli mencoba membuka tutup lubang kanul di lehernya.

Foto:berbuatbaik.id

Selepas operasi, Babe dan ayahnya membawa Rafli berbelanja. Rafli memanfaatkan donasi dari sahabat baik untuk membeli sepatu dan handphone baru, mengingat ponsel satu-satunya milik Rafli dan ayahnya rusak. Sehingga mereka kesulitan untuk berkomunikasi dengan keluarganya di Sawahlunto, Sumbar.

Tak lama setelah itu, kabar baik pun datang. Tim dokter menyatakan Rafli boleh kembali ke rumahnya dan menjalani perawatan lanjutan serta penutupan lubang lehernya di RS M Djamil Padang. Kabar ini tentu disambut gembira Rafli dan ayahnya. Tak butuh waktu lama, Rafli dan ayahnya berkemas untuk kembali ke tempat keluarga tersayangnya berada di Sawahlunto.

Babe pun ikut mengantarkan anak dan ayah ini ke terminal bus terdekat. Sama seperti sebelumnya, Rafli memilih kembali menggunakan bus daripada pesawat lantaran takut ketinggian.

"Terima kasih sahabat baik telah membawa Rafli berobat ke jakarta," ucapnya bahagia.

Foto:berbuatbaik.id

Sahabat Baik tinggal selangkah lagi Rafli menuju kesembuhan yang sempurna. Kebahagiaan ini tentu tak lepas dari sumbangsih sahabat baik yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk bocah ini. Adapun rincian donasi yang telah disalurkan hingga termin kedua meliputi,

Kirim uang ke keluarga di Sawahlunto Rp 2.400.000
Kebutuhan harian April-Juni Rp 10.916.000
Transportasi di RS-Rumah Singgah Jakarta Rp 1.400.000
Biaya obat Rp 1.000.000
Biaya lainnya: Rp 265.500

Sehingga total pengeluaran pada termin kedua mencapai Rp 15.981.500. Sebelumnya pada termin pertama telah disalurkan sebesar
Rp 26.025.028 juta yang meliputi biaya obat non-BPJS, transportasi Sawahlunto-Jakarta, sembako, dan kebutuhan hidup. Sehingga yang total bantuan yang telah disalurkan mencapai Rp 42.006.528

Distribusi bantuan ini juga telah disalurkan bekerja sama dengan lembaga Rumah Asuh. Sahabat Baik, jangan lewatkan info terkini Rafli selanjutnya. Doakan Rafli segera dioperasi penutupan leher ya.

Jangan lupa juga bantu anak-anak lainnya yang membutuhkan melalui berbuatbaik.id dengan Donasi sekarang juga. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Donatur

Default User
Y*********e Wiratama
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 182.000
Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 30.000
Default User
atha diatha
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
R*********
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id