Kembali
Nestapa Abah Taryo Tertatih-tatih Jual Cilok Demi Nafkahi Keluarga

Nestapa Abah Taryo Tertatih-tatih Jual Cilok Demi Nafkahi Keluarga

Rp 54.719.000
100% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Tubuhnya sudah tak lagi tegap dan tenaganya tak lagi kuat namun semangat Abah Taryo untuk berjuang hidup terasa begitu menyala. Tertatih-tatih dengan tubuh bungkuknya, Abah Taryo menjajakan cilok yang dia pikul dengan beban seberat 25 kg.

Di usia yang menginjak usia kepala 8, dia membawa 300 biji cilok dan menyusuri jalan yang licin dan berbatu. Itu semua demi mencari sesuap nasi tiap hari. Terkadang Abah Taryo berhenti karena kelelahan dan napasnya mulai tersengal-sengal.

Tim berbuatbaik.id mulai menghampirinya dan sedikit berbincang, dia mengatakan dalam sekali jalan dia bisa 10 kali istirahat dengan duduk-duduk di emperan toko.

“Terasa pusing. Ini pegal-pegal kerasa di kaki, pinggang juga,” katanya kepada tim beberapa waktu lalu di daerah Garut, Jabar.

Beberapa bulan lalu, Abah yang malang ini pun pernah diserempet motor dan badannya terbentur. Pemotor yang merupakan dua wanita ini sempat kabur namun akhirnya datang ke rumah Abah untuk minta maaf.

“Yaudah atuh dimaafin. Gak apa-apa,” katanya ikhlas.

Bukan hanya pengalaman pahit terserempet motor, Abah Taryo juga kerap diusir pedagang cilok lainnya karena dianggap “mencuri” pelanggannya.

Tim berbuatbaik.id yang ikut berdagang bersama Abah Taryo berusaha memegangi Abah Taryo yang gemetar karena kelelahan. Kalau sudah begini maka ketika pulang, Mak Anah, istri Abah Taryo sigap memijatnya.

“Sudah dikasih tahu tapi Abah bingung di rumah mau ngapain,” kata Mak Anah.

Tapi Abah mengaku hal ini dilakukan karena dia tak mau berpangku tangan melihat keluarganya kesulitan.

“Memaksakan saja, mau bagaimana lagi, sudah risiko, abah dibutuhkan emak untuk kebutuhan sehari-hari, masih banyak kekurangan untuk makanan dan lain-lain” kata Abah.

Pasutri lansia ini sebenarnya mempunyai 6 orang anak, namun kini tersisa 4 orang karena lainnya meninggal dunia. Salah satu anaknya, Rodiah, mengaku tak bisa membujuk orangtuanya untuk tinggal bersama. Sebab, Abah Taryo tak mau menjadi beban bagi anak-anaknya.

“Sebenarnya aku pengen bahagiain orang tua. Selalu saya mendoakan semoga abah selalu sehat panjang umur,” ucap Rodiah sedih.

Sahabat baik, jangan biarkan Abah Taryo bersusah payah sendirian. Abah Taryo butuh dukungan dan kebaikan hati dari #sahabatbaik. Cara membantu Abah Taryo sederhana, dengan mulai Donasi sekarang juga. Donasi ini akan digunakan untuk membuat Abah tidak lagi harus berkeliling menjual cilok serta kebutuhan hidup lainnya. 

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Info Terkini

Senyum Bahagia Abah Taryo Dapat Donasi dari Sahabat Baik!

Abah Taryo tersenyum senang saat donasi dari sahabat baik dibelikan berbagai kebutuhan hidup. Kini Abah Taryo pun tak lagi berjualan dan memutuskan membeli gerobak untuk dipakai menantunya berjualan cilok.

Hal itu dituturkan Leni, cucu Abah Taryo kepada tim berbuatbaik.id. Leni mengatakan kini Abah Taryo juga tengah membangun sumur di belakang rumahnya agar dia dan keluarga bisa mendapatkan air bersih.

“Kemarin itu baru beli kebutuhan pokok seperti beras, telur, minyak, mie instan, beli obat gosok kaya balsem gitu, beli gas terus beli kopi sama rokok buat pegawai yang lagi bikin sumur bor,” kata Leni beberapa waktu lalu.

Foto:berbuatbaik.id

Bahkan dengan bantuan yang tersisa, rencananya Abah Taryo akan membeli domba. Dengan begitu, Abah Taryo tidak lagi berkeliling jualan dan fokus mengurus domba di masa senjanya.

“Ya tolong sampein ke donatur kata abah terima kasih banyak atas bantuan semoga rezekinya diperpanjang sama Allah. Maaf katanya Abah gak bisa ngomong panjang lebar soalnya Abah sudah tua,” sambungnya.

Sebagai informasi, pada termin pertama ini telah disalurkan donasi sebesar Rp 15.000.000 dari total donasi yang telah terkumpul Rp 54.719.000

Selanjutnya donasi yang tersisa akan disalurkan sesuai kebutuhan dan permintaan Abah Taryo. Sahabat baik, betapa hangatnya melihat senyum Abah yang terpancar karena kalian.

Oleh karena itu, berikan senyum-senyum lain untuk mereka yang kurang beruntung dengan Donasi di kampanye sosial berbuatbaik.id lainnya. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
M*********Lestari
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
a*********
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000
Default User
P*********awidjaja
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
Hamba Allah
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000
Default User
U*********
9 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id