Kembali
Derita Balita Rakha, Pipi Membesar karena Penyumbatan Pembuluh Getah Bening

Derita Balita Rakha, Pipi Membesar karena Penyumbatan Pembuluh Getah Bening

Rp 35.367.000
100% Complete
Terkumpul dari Rp 35.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Raut muka Rakha Firmansyah, balita 19 bulan ini tampak kesakitan sesekali saat bermain. Wajah mungilnya memang tengah digerogoti penyakit penyumbatan pembuluh getah bening.

Penyakit ini terdeteksi sejak Rakha lahir, orangtuanya pun sedari dini terus berusaha mengembalikan senyum Rakha dengan berbagai tindakan medis.

“Jadi pas istri lahir sesar itu Rakha sudah ada benjolan lalu disuruh tunggu 4 bulan lihat perkembangannya. Setelah itu dirujuk ke RSCM katanya penyumbatan pembuluh getah bening,” kata ayah Rakha, Bobby Firmansyah kepada tim berbuatbaik.id beberapa waktu lalu.

Sejak saat itu dilakukan tindakan medis pengempesan pipi dengan penyedotan namun tidak menghasilkan efek yang signifikan. Sebab benjolan di pipi itu kembali membesar dan terasa kenyal.

Oleh karena itu, diputuskan untuk membedah total pipi balita Rakha ini. Namun operasi ini tidak seperti membalikkan telapak tangan. Bobby mengatakan kondisi Rakha harus stabil sehingga siap untuk menjalani pembedahan.

Dengan hanya mengandalkan BPJS Kesehatan, Bobby yang bekerja sebagai ojol ini harus bolak-balik ke RSCM dari kediamanannya di Cikarang.

Selama perjalanan dan harus menunggu serta mengantre, terkadang kondisi Rakha turun. Dia mengalami demam, batu hingga pilek. Jika sudah begini maka pembedahan dibatalkan dan Rakha harus mengulang semua tes medis dari awal lagi.

“Kemarin standby di sana hingga jam 12 malam hingga badannya drop kedinginan. Operasi diundur dan ngulang lagi 6 tahapan tes medis,” curhat Bobby.

Kondisi yang sulit begini membuat Bobby dan sang istri sedih. Apalagi banyak yang menjadikan Rakha sebagai tontonan karena kondisi pipi yang tak lazim ini.

“Dia suka teriak-teriak suka nangis sendiri. Sedih juga apalagi suka ditontonin anak-anak lain. Kita cuma ngelus dada kayak gini kondisinya. Takutnya sudah besar gak percaya diri,” sambungnya.

Oleh karena itu, dengan penghasilan yang serba tak menentu dia berharap ada tangan-tangan dermawan yang tak hanya meringankan bebannya tetapi juga memberikan dukungan moril.

Terlebih, banyak obat Rakha yang tak di-cover BPJS Kesehatan. Dia pun menginginkan bisa dapat kediaman sementara dan biaya hidup selama Rakha menjalani pengobatan. Dengan demikian, kondisinya tidak cepat drop dan siap menerima pembedahan.

#sahabatbaik mari kita bantu Rakha agar bisa menikmati masa kanak-kanaknya dengan bahagia dan sehat. Yuk klik Donasi sekarang juga.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

 

Info Terkini

Kabar Bahagia dari Rakha yang Siap Operasi Plastik

Senyum Rakha Firmansyah (2), balita penderita penyumbatan pembuluh getah bening ini, semakin menggemaskan setelah menjalani serangkaian operasi dalam masa pemulihannya. Menurut ayah Rakha, Bobby Firmansyah, anaknya telah menjalankan empat kali operasi yang terdiri dari tiga operasi injeksi dan satu operasi pembedahan tumor.

Namun, setelah menjalankan operasi ketiganya saat pembedahan tumor, terjadi efek samping yang membuat Rakha sesak napas hingga ia harus dilarikan ke ruangan PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan menggunakan alat bantu napas.

”Nah itu pascaoperasi pembedahan tumor itu sempet ada efek samping yang membuat Rakha susah bernapas dan masuk ke ruang PICU selama tiga hari dengan alat bantu jantung dan alat bantu napas. Di situ Rakha hampir tidak tertolong, Alhamdulillah nya ada reaksi cepat dari para dokter,” tuturnya kepada tim berbuatbaik.id yang menemani Rakha control di RSCM Jakarta beberapa waktu lalu.

Foto:berbuatbaik.id

Setelah mengalami efek samping, Rakha diharuskan untuk rajin kontrol selama tiga minggu agar dokter dapat mengevaluasi perkembangan Rakha untuk penindakan selanjutnya. Kabar baiknya, terjadi pengempesan sebesar 30% dari pemulihan Rakha. Namun pada saat tumor tersebut diangkat, terdapat pembengkakan yang terjadi pada Rakha.

“Pada saat tumor itu diangkat, terjadi pembengkakan. Jadi ada cairan yang mengisi ke pipi di tempat tumor yang diangat itu. Jadi harus disedot dan diinjeksi pemberian obat.” ucap Ayah Rakha.

Foto:berbuatbaik.id

Sekarang Rakha harus kontrol sesuai dengan jadwal kontrol yang diberikan dokter. Sebab akan selalu ada evaluasi yang dilakukan dari para dokter akan penindakan selanjutnya. Rakha juga harus menjalankan suntik injeksi selama delapan kali yang bertujuan untuk mengangkat akar-akar tumor yang belum terangkat.

Dokter mengatakan bahwa tumor ini akan berkepanjangan atau seumur hidup karena sifatnya yang tumbuh perlahan sehingga menyebabkan pembengkakan. Kondisinya pun hingga kini masih dalam pantauan dokter bedah plastik.

“Hasil sayatan operasi yang akan diinjeksi lima sampai enam kali lagi. Insyaallah bisa sembuh namun vonis dokter akan alami seumur hidpu karena sifatnya tumbuh pelan – pelan pembengkakan. Jadi masih dalam pantauan dokter bedah plastic,” ucap Bobby.

Belakangan ada kabar bahagia datang dari Rakha. Bobby menyebut sudah ada konfirmasi waktu untuk Rakha menjalani operasi plastik.
Tentu perkembangan Rakha yang signifikan menjadi hal yang menggembirakan bagi sahabat baik. Kesehatan Rakha yang semakin membaik semua berkat pertolongan sahabat baik. Terima kasih sahabat baik atas kebaikan hatinya.

Sebagai informasi, berbuatbaik.id sudah menyerahkan donasi sahabat baik kepada Rakha secara langsung sebesar Rp 35.367.000. Adapun rinciannya sebagai berikut.

• Obat-obatan dan Vitamin : Rp 9.000.000
• Biaya Operasional ke RS : Rp 8.500.000
• Biaya Kebutuhan hidup : Rp 12.500.000
• Kebutuhan Lainnya : Rp 5.367.000

Sahabat baik, mari bersama kita terus memberikan dukungan serta mendoakan Rakha agar ia bisa ceria dan bermain kembali dengan teman-temannya seperti anak-anak pada umumnya. Tak lupa juga, terus tebarkan kebaikan untuk anak-anak lainnya yang kurang beruntung di berbuatbaik.id

Caranya sederhana, cukup dengan klik tombol Donasi pada kampanye yang kamu inginkan. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 250.000
Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 11.700.000
Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
Ade Febriansyah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id