Kembali
Krisis Air, Dukuh Mrica Harus Beli Air sampai Tak Mandi dan Cuci

Krisis Air, Dukuh Mrica Harus Beli Air sampai Tak Mandi dan Cuci

Rp 15.513.000
77.565% Complete
Terkumpul dari Rp 20.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Warga Dukuh Mrica Desa Binangun, Kec. Karanggayam, Kab. Kebumen, Jawa Tengah kini menantikan adanya sumber air bersih di tempat mereka. Pasalnya jika kemarau tiba, warga dukuh terpaksa harus membeli air ke dukuh atau desa lain.

“Pernah kami kekeringan lebih dari 3 bulan. 2019 paling parah sampai kekeringan. Jadi warga sampai tidak mandi 1 hari. Penampungan air di sini akhirnya cuma untuk minum saja yang dibagikan rata untuk seluruh warga, mandi dan cuci harus beli ke tetangga yang punya stok air,” kata Ali, salah satu warga di dusun tersebut kepada berbuatbaik.id beberapa waktu lalu.

Ali menuturkan bahkan saat tidak bisa mandi karena krisis air, dia dengan anak-anak muda yang lain terpaksa harus ke kota yang jaraknya setengah jam dengan sepeda motor. Di sana mereka bisa mandi di SPBU atau masjid.

Hal itu terjadi saat bantuan air datang terlambat. Biasanya bantuan datangnya dari desa terdekat, mereka membeli air per toren yang dibanderol mulai Rp 200 ribu.

“Sebenarnya itu sosial saja, jadi uang itu untuk ganti uang bensin mobil,” sambungnya.

Selama ini, kata Ali, warga hanya memanfaatkan sumber mata air dari gunung yang dialirkan ke penampungan serupa bak besar. Sumber mata air ini pun jauh hingga sekitar 4 kilo dari Dukuh Mrica. Ukuran bak penampungan ini 2x2 m yang usianya sudah 12 tahun.

Bukan hanya masalah kekeringan saja, kadang kala paralon dan pipa yang jadi saluran air dari sumber ke penampungan pun bocor atau rusak. Sehingga warga kerap kali harus bergantian mengecek dan menelusuri letak kebocoran pipa itu.

“Biasanya ada yang copot karena paralon melewati hutan dan ladang warga,” sebutnya.

#sahabatbaik Ali dan puluhan warga di Dukuh Mrica ini membutuhkan sumber air yang bisa diperoleh dari donasi-donasi kamu. Jangan biarkan mereka kesulitan membersihkan diri bahkan sampai tak bisa minum. Ayo mulai sisihkan rezeki untuk menolong mereka dengan klik Donasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Info Terkini

Panjatkan Syukur, Kini Air Bersih Limpahi Dukuh Mrica Kebumen

Ratusan warga Dukuh Mrica Desa Binangun, Kec. Karanggayam, Kab. Kebumen, Jawa Tengah mengucap syukur. Pasalnya kini air bersih sudah tak sulit lagi bagi mereka.

Sebelumnya mereka sering kesulitan air sebabnya sumber air yang berjarak 400 meter dari dukuh mereka kering. Apalagi saat air dialiri, pipa-pipa sering rusak sehingga arus dan debit air terhambat. Alhasil mereka sampai tidak mandi dan cuci berhari-hari.

Foto:berbuatbaik.id

Namun kini semua kekhawatiran itu telah hilang. Sejak bulan lalu sumber air digali di desa tersebut.

"Proses pembangunan sebulan. Penampungan lama yang rusak itu sudah dibuat baru. Alhamdulillah sudah dibor sampai 60 meter dan ditempatkan di dekat masjid di tengah kampung sehingga warga mudah mendapatkan air," kata relawan berbuatbaik.id sekaligus Ketua Yayasan Tebar Berkah Sejahtera, Sutrisno yang meninjau langsung pembangunan sumber air tersebut.

Foto:berbuatbaik.id

Menurut penuturan Sutrisno, pembangunan juga meliputi penambahan toilet, renovasi tempat wudhu, pengadaan toren dengan kapasitas 2.000 liter.

"Waktu ke sana air mengalir deras dan warga juga senang banget. Alhamdulillah. Dulu mereka harus lewat hutan-hutan untuk mengecek penampungan dan pipa sekarang sudah tidak lagi. Harapannya bisa digunakan lama," sambungnya.

Adapun untuk dana yang telah didonasikan sebesar Rp 15.513.000 dan ditambahkan pula dari yayasan hingga total dana yang berhasil dimanfaatkan sebesar Rp 19.300.000. Rincian pembelanjaan meliputi:

Foto:berbuatbaik.id

Sahabat baik, betapa besar bantuan yang diberikan untuk warga Dukuh Mrica hingga membuat mereka kembali merasakan segarnya air. Jangan biarkan aliran kebaikan ini terhenti, terus salurkan Donasi kalian untuk mereka yang fakir air lewat berbuatbaik.id

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
Hamba Allah
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 5.000
Default User
Hamba Allah
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
R*********W
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000
Default User
S*********oto
8 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id