Kembali
Bahu Membahu Bantu Korban Tanggap Darurat Erupsi Semeru

Bahu Membahu Bantu Korban Tanggap Darurat Erupsi Semeru

Rp 61.092.000
61.092% Complete
Terkumpul dari Rp 100.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Gunung Semeru mengalami erupsi Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung yang berada di Lumajang dan Malang ini mengeluarkan awan panas guguran (APG).

Gunung Semeru di Lumajang, erupsi pada Sabtu (4/12) pukul 15.00 WIB. Warga sekitar Gunung Semeru berlarian panik berusaha menghindari gumpalan awan. Permukiman terdampak gelap gulita karena listrik mati.

Warga pun kini membutuhkan uluran tangan para dermawan, salah satunya warga Kecamatan Pronojiwo yang belum terjangkau bantuan karena putusnya Jembatan Besuk Kobokan atau Gladak Perak.

Akibatnya, ratusan warga yang mengungsi belum tersentuh bantuan. Seperti kondisi para pengungsi di sebuah masjid Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Sejak mengungsi malam kemarin, mereka belum menerima kebutuhan yang sangat diperlukan.

"Makan baru sekali, minum juga butuh. Kalau selimut baru saja diberi," ujar Syamsul salah satu pengungsi ditemui detikcom, Minggu (5/12/2021).

Di tempat lain, warga Dusun Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Lumajang, di tempat pengungsian usai erupsi Semeru. Isak tangis tak henti-hentinya terdengar dari para ibu-ibu usai terdampak erupsi Gunung Semeru.

Wajah mereka tampak takut dan trauma bila sewaktu-waktu erupsi kembali terjadi. Kebanyakan para pengungsi mengaku tak bisa tidur nyenyak. Sebab bagi mereka tidak mudah menghapus peristiwa yang terjadi pukul 14.47 WIB tersebut.

"Turu iku rasane was-was, kelingan awan sing ireng terus kabeh peteng. Rasane koyok wis bengi padahal jek jam 3 sore (Tidur itu rasanya was-was. Ingat awan yang menggumpal lalu sekeliling tiba-tiba gelap. Rasanya seperti malam padahal masih jam 3 sore," kata warga Curah Kobokan, Sutini (44) kepada detikcom.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar menyebut 12 orang meninggal di kawasan Curah Kobokan. 41 Korban mengalami luka bakar lahar panas, 2 di antaranya ibu hamil yang mengandung usia 8 dan 9 bulan. Mereka dirawat di Puskesmas dan RS untuk perawatan intensif. Rata-rata korban mengalami luka bakar di wajah, tangan, kaki hingga sekujur tubuhnya.

#sahabatbaik, warga di sekitaran Gunung Semeru membutuhkan bantuan segera agar mereka bisa tetap tegar dan bertahan hidup. Mari bersama kita ulurkan tangan untuk mereka dan jangan biarkan menghadapi cobaan ini sendiri.

Kita bisa bergandengan tangan dengan klik Donasi sekarang. Kami akan segera menyediakan dapur umum, kebutuhan logistik dan makanan untuk para pengungsi, bantuan obat-obatan hingga bantuan infrastruktur.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Info Terkini

Sahabat Baik, Simak Rincian Bantuan Tanggap Darurat untuk Semeru

Dua bulan lalu Gunung Semeru menggunacang Lumajang dan sekitarnya. Puluhan korban jiwa berjatuhan dan harta benda musnah sudah. Di saat itu, CTARSA Foundation, Dompet Amal Transmedia, dan berbuatbaik.id langsung bahu membahu menyalurkan bantuan dari sahabat baik dan masyarakat.

Sampai saat ini seluruh bantuan senilai Rp 61.092.000 sudah tersalurkan. Donasi tersebut dikonversi untuk beberapa kebutuhan, seperti paket sembako dan makanan siap saji. Berikut rinciannya.

Foto:Rincian donasi

Sahabat baik, terima kasih atas kebaikan dan kepedulian sahabat baik serta mempercayakan donasi tersebut melalui berbuatbaik.id. Kendati demikian, masih banyak orang-orang kurang beruntung yang masih membutuhkan uluran tangan sahabat baik. Jangan berhenti berbuat baik dengan donasi di berbuatbaik.id Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Donatur

Default User
Hamba Allah
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
A*********val
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 10.000
Default User
Hamba Allah
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Hamba Allah
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 20.000
Default User
Hamba Allah
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 10.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id