Kembali
Sedihnya Mak Unah Tinggal di Rumah Reyot Menyatu dengan Kandang Ayam

Sedihnya Mak Unah Tinggal di Rumah Reyot Menyatu dengan Kandang Ayam

Rp 25.509.165
100% Complete
Terkumpul dari Rp 25.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Sedih benar nasib Mak Unah, warga Keluarahan Sei Selincah, Kalidoni, Palembang. Lansia ini hanya tinggal bersama sang adik di rumah papan berukuran 3x3 m.

Menurut keterangan relawan berbuatbaik.id, Okta, rumah ini sebenarnya bukanlah rumahnya melainkan rumah pinjaman.

“Sebenarnya dia punya rumah milik keluarga tetapi sudah roboh. Lalu tetangganya kasihan jadi dia diberi rumah ini,” kata Okta kepada tim berbuatbaik.id beberapa waktu lalu.

Tempat ini pun kian tak nyaman karena di bawah rumahnya terdapat kandang ayam sehingga bau kotoran ayam menguar ke mana-mana. Mak Unah pun tak punya perabotan yang layak, bahkan untuk memasak mak Unah menggunakan tungku dan masih serba tanah liat.

Nenek ini pun sudah tak berkegiatan dan sehari-hari dibantu masyarakat sekitar. Beruntung, sang adik yang juga tinggal di rumahnya ditawari bekerja menjadi buruh bangunan dan mendapat upah Rp 60 ribu per hari.

Saat proses assesment, Mak Unah mengeluhkan kepalanya pusing dan meminta sedekah untuk membeli obat. Tapi setelah digali lebih dalam, ternyata Mak Unah belum makan hingga kepalanya pening.

“Mak gak ada uang buat beli beras,” ucap Okta menirukan perkataan Mak Unah.

Alhasil dengan sedikit bantuan, Mak Unah bisa membeli beras dan makan di hari itu.

Penderitaan nenek ini pun semakin kentara saat hujan tiba. Mereka yang cuma tidur beralas tikar karung sering kedinginan. Rumahnya pun terkadang limbung saat hujan angin menerpa gubuk ini hingga Mak Unah selalu merasa was-was dan ketakutan. Bahkan penghuni di dalamnya kebasahan.

Hidup bersama adiknya, Mang Etet, Mak Unah harus tidur berdesakkan hingga mereka tak mempunyai lemari baju, hanya sekantong plastik jadi tempat menaruh baju-baju mereka.

#sahabatbaik jangan biarkan Mak Unah kelaparan dan tinggal di rumah tak layak, ayo bantu nenek malang ini dengan klik Donasi sekarang juga.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga!

 

Info Terkini

Senyum Bahagia Mak Unah Dapat Bantuan dari Sahabat Baik

Kebahagiaan Mak Unah tak kunjung surut, setelah Presiden Joko Widodo memberikan Mak Unah rumah, kini senyum Mak Unah kembali merekah karena ada bantuan lagi dari sahabat baik.

Saat tim berbuatbaik.id mendatangi kediaman Mak Unah serta Mang Etet dan memberikan bantuan di Palembang, Mak Unah langsung tersenyum senang dan tertawa di balik masker yang dipakainya. Keduanya juga mengacungkan jempol seraya mengucapkan terima kasih banyak kepada berbuatbaik.id dan sahabat baik.

Bantuan Mak Unah di termin pertama ini berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta yang ditabungkan untuk membeli kebutuhan menjelang Ramadhan dan Lebaran nanti. Mak Unah senang karena Ramadhan kali ini kondisi hidupnya sudah jauh berbeda.

“Terima kasih sudah dapat bantuan dari berbuatbaik.id,” kata Mang Etet yang tak lain adalah adik Mak Unah.

Sebelumnya, Mak Unah juga telah dibantu berbagai pihak, mulai Presiden Jokowi, Kapolda Sumsel, hingga Pemprov Sumsel. Dengan banyaknya bantuan ini Mak Unah bisa hidup berkecukupan serta tidur di tempat yang tak lagi beralaskan papan.

Sahabat baik, masih banyak Mak Unah lain yang membutuhkan kebaikan hati kalian. Oleh karena itu, jangan berhenti berbuat baik. Ayo mulai donasi sekarang di berbuatbaik.id .

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Donatur

Default User
W*********roho
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 500.000
Default User
Hamba Allah
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Rety Handayani
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 300.000
Default User
C*********
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id