Kembali
Tina Bergerak untuk Perbaikan Pendidikan dan Pangan di Lelogama NTT

Tina Bergerak untuk Perbaikan Pendidikan dan Pangan di Lelogama NTT

Rp 11.080.000
16.279753158977% Complete
Terkumpul dari Rp 68.060.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Memajukan pendidikan menjadi pekerjaan rumah yang masih belum selesai di republik ini. Bukan hanya pemerintah, CTARSA Foundation pun ingin turut serta meningkatkan kulitas pendidikan, khususnya di daerah 3T (terpencil, terdepan, tertinggal).

Melalui PIJAR (Pi’ Mengajar), CTARSA Foundation membuat program peduli pendidikan. Program ini mendelegasikan relawan guru atau pengajar yang bertugas sebagai pendamping guru, murid dan masyarakat setempat di pelosok Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kehidupan dan potensi wilayah.

Perekrutan relawan Pijar dimulai Juni 2021 dan diikuti ratusan peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

Melalui beragam pembekalan dan pelatihan sebelum keberangkatan, para relawan diharapkan mampu menjadi pribadi unggul yang dapat memberikan solusi di tengah beragam permasalahan masyarakat pelosok Indonesia.

Peserta yang lolos ditempatkan selama satu tahun di beberapa wilayah yang sudah ditentukan yaitu Reda Meter, Sumba Barat Daya, Lelogama, Amfoang Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nunuanah, Amfoang Timur, Nusa Tenggara Timur, Ciroyom, Sukabumi, dan Kampung Beting, Muara Gembong, Bekasi.

Siti Nur Atina atau Tina jadi salah satu peserta yang lolos dan ditempatkan di Lelogama, Amfoang Selatan, NTT. Setelah melakukan pembicaraan intensif, Tina merasa bukan hanya pendidikan, permasalahan pangan menjadi masalah penting lainnya.

“Di sana itu anak-anak SD SMP sudah kena asam lambung karena mereka rajin minum kopi untuk menahan lapar. Apalagi pangan di sana benar-benar bergantung musim,” sebutnya.

Ke depannya, program ini akan terus dilakukan demi tujuan meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan taraf hidup masyarakat sekitar. Selaras dengan visi besar CTARSA Foundation, memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan berkualitas serta kesehatan yang optimal.

Kamu sebagai #sahabatbaik bisa memberikan dukungan kepada Tina untuk memberikan pendidikanl lebih baik di Lelogama. Caranya Kamu bisa langsung mengklik ikon Donasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Info Terkini

Hore! SDN Lelogama NTT Sudah Punya Toilet Baru

Kondisi fasilitas umum di Lelogama, Amfoang Selatan, NTT satu per satu kini sudah selesai diperbaiki. Toilet darurat yang tadinya hanya beralaskan tanah dan terbilang belum layak pakai, kini sudah bisa dinikmati oleh anak-anak di sana. 

#gurumuda PIJAR CTARSA Foundation, Siti Nur Atina yang juga menjadi guru pembantu di sana mengatakan kini toilet tersebut sudah berubah lebih baik.

Foto:berbuatbaik.id

“Sebelum ada toilet baru, toilet yang lama memang sudah cukup lama. Ada bagian-bagian yang sudah rusak dan tidak bisa digunakan. Seperti pintu dan juga bagian penampung,” ujar Tina kepada tim berbuatbaik.id.

Tina pun berharap nantinya anak-anak bisa mempergunakan toilet tersebut dengan semaksimalnya dan juga menjaga kebersihanya dengan baik.

“Harapan kami ke depannya, anak-anak bisa menggunakan toilet ini sebaik-baiknya dan mereka akan diberi tugas setiap hari bergilir untuk membersihkan toiletnya,” sambungnya.

Foto:berbuatbaik.id

Gina yang merupakan salah satu siswi di sana pun turut merasakan kesenangan akan keberadaan toilet baru ini.

“Saya merasa senang karena sekarang terasa bersih dan nyaman. Kalau hujan pun masih bisa kami gunakan sekarang. Kalau toilet yang lama atapnya berlubang dan kalau hujan tak bisa kami gunakan karena berlumpur. Dindingnya juga berlubang,” ucapnya.

Kelayakan toilet ini tak lain karena donasi dari sahabat baik yang begitu dermawan. Adapun laporan rincian donasi yang telah terkumpul sebanyak Rp 11.080.000 adalah sebagai berikut:

Bahan bangunan: Rp 4.000.000
Biaya angkut: Rp 500.000
Penggalian: Rp 500.000
Upah pekerja: Rp 1.500.000
Pintu toilet: Rp 800.000

Sehingga donasi yang telah dimanfaatkan sebesar Rp 7.300.000 dan sisa donasi sebesar 3.780.000 dialihkan untuk pembelian masker.

Foto:berbuatbaik.id

Bantuan untuk SD pelosok ini diharapkan tidak sampai di sini. Sahabat baik bisa melakukan kebaikan lainnya untuk sekolah ini dengan memberikan Donasi untuk sumber air Lelogama, NTT. 

Lelogama kini sangat membutuhkan air bersih karena mereka sering merasakan kekeringan. Mereka tak jarang juga terkena penyakit kulit dikarenakan sulit menemukan air tersebut. 

Kamu tentu bisa memberikan dukunganmu kepada Lelogama untuk menyediakan sumber air bersih untuk masyarakat Lelogama. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. 

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya. Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Donatur

Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
Hamba Allah
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
F*********
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
Y*********
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id