Kembali
Bocah Ditinggal Ayah Ibu, Rela Bersihkan Kandang Bebek untuk Bantu Keluarga

Bocah Ditinggal Ayah Ibu, Rela Bersihkan Kandang Bebek untuk Bantu Keluarga

Rp 32.947.585
65.89517% Complete
Terkumpul dari Rp 50.000.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Muhammad, anak umur 7 tahun yang tinggal di Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat, punya cerita yang penuh haru.

Di usia sekecil ini dia sudah ditinggal merantau sang ibu yang telah menjanda. Kini Si Kecil Muhammad tinggal bersama bibi dan 2 saudaranya di rumah papan satu kamar.

Sementara sang bibi kerja serabutan. Hal itulah yang membuat Muhammad kerap tak dapat uang jajan ke sekolah.

“Tapi dia rajin sekolahnya, tidak nakal. Tetap sekolah walau tak ada uang,” kata salah satu relawan yang menemukan Muhammad, Setiawan kepada berbuatbaik.id beberapa waktu lalu.

Muhammad lantas mau disuruh apapun membantu warga sekitar, termasuk membersihkan kandang bebek atau mencari pakan untuk kambing tetangganya. Dengan demikian, dia bisa mendapat tambahan uang jajan.

“Dia dibayar Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Kerja selepas pulang sekolah. Anaknya rajin apa saja disuruh mau,” lanjut Setiawan.

Setiawan yang juga relawan Rumah Asuh ini kemudian berpesan kepada Muhammad agar tak malas ke sekolah dan jangan nakal yang disambut anggukan dari Muhammad.

Setiawan pun mendorong agar masyarakat bersama-sama membantu Muhammad, misalnya saja membelikan kambing atau bebek.

“Karena suka beternak dan bisa mendatangkan uang,” usul Setiawan.

Jika kamu, para #sahabatbaik setuju atas usul Setiawan dan mau membantu kamu bisa langsung mengklik ikon Donasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Info Terkini

Senyum Gembira Muhammad Diajak Jalan-jalan ke Pantai hingga Dapat Pakaian dan Tas Baru

Tim berbuatbaik.id sengaja langsung terbang ke Bima dari Jakarta untuk menengok Muhammad, bocah yang sebelumnya diketahui mencari uang jajan dari membersihkan kandang bebek milik tetangga. Anak yang sudah 8 tahun ditinggal sang ibu pergi ke Malaysia ini langsung semringah saat kami temui dirinya di Kecamatan Lambu, Bima, NTB.

Meski sedikit bicara, mata Muhammad langsung bersinar cerah saat kami membawakan banyak hadiah untuknya, mulai pakaian, tas, vitamin, snack dan susu anak-anak, sampai mainan. Apalagi mainan yang kami bawa yakni berupa mobil remote control membuat Muhammad tak berhenti memainkannya.

Foto:berbuatbaik.id

Selepas bertegur sapa dengan keluarga Muhammad yang tak lain adalah 2 bibi hingga kakeknya, tim kemudian diajak untuk melihat kondisi kambing Muhammad. Di termin pertama penyaluran donasi, berbuatbaik.id bersama Rumah Asuh telah memberikan 4 ekor kambing lalu berkembang menjadi 10 kambing. Namun kini tersisa 6 kambing karena lainnya mati akibat penyakit PMK yang marak beberapa waktu lalu.

Tim pun melihat cara anak kelas 4 SD ini memberi makan kambing-kambing kesayangannya. Betapa cekatannya Muhammad dan para kambing pun menurut padanya.

"Memang sehabis pulang sekolah, kesehariannya mengambil rumput dan kasih makan kambing," kata Rahma, relawan berbuatbaik.id yang mendampingi Muhammad sehari-hari.

Foto:berbuatbaik.id

Di sela-sela momen ini, tim berbuatbaik.id pun menanyakan keberadaan sang ibu yang bekerja sebagai pekerja Migran. Dari pengakuan bibi Muhammad, Nuraini, sang ibu sangat jarang menghubungi Muhammad apalagi pulang ke Indonesia. Oleh karena itu, hidup Muhammad benar-benar bergantung pada saudara-saudara di dekatnya. Muhammad pun terlambat membaca karena meski duduk di kelas 4 SD, dirinya belum bisa lancar membaca. Oleh karena itu, bibinya meminta kami memberikan vitamin penambah daya ingat untuk membantu Muhammad belajar.

Belum puas bermain dengan Muhammad, maka tim memutuskan untuk mengajak Muhammad ke Pantai Lariti untuk melepas penat. Muhammad langsung bersemangat bahkan mengganti baju mainnya dengan baju baru Avengers yang telah tim berikan. Bersama bibi dan sepupunya, Muhammad langsung berlarian di pantai meski saat itu matahari sedang terik-teriknya. Senyum Muhammad pun semakin mengembang dan tak malu lagi berceloteh dengan bahasa Bima tentang apa saja yang dia lihat.

Foto:berbuatbaik.id

Bukan hanya itu, kini Muhammad tak malu lagi menunjukkan berbagai pose di kamera yang membuat tim berbuatbaik.id merasa gemas. "Suka, suka, senang," katanya saat tim bertanya bagaimana perasaannya bermain bersama. Tak lupa, tim memberi pesan ke Muhammad agar tak lupa belajar dan berlaku baik kepada bibi dan sepupunya yang dijawab Muhammad dengan anggukan pelan.

Pantai Lariti berpasir putih dengan ombak yang tenang menjadi saksi betapa bahagianya Muhammad. Tentu semuanya tidak akan terjadi tanpa bantuan dari sahabat baik semua.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada sahabat baik yang telah memberikan beberapa kambing dan memberikan kebutuhan sekolah dan harian, mudah-mudahan pemberian ini diberi balasan oleh Allah SWT," ucap Rahma lagi.

Sebagai informasi, total donasi sejumlah Rp 32.947.585 telah disalurkan seluruhnya. Pada termin pertama telah disalurkan sebanyak Rp 15 juta untuk membeli kambing, biaya hidup, dan juga les tambahan. Sementara di termin kedua disalurkan sisa donasi senilai Rp 17.947.585. Dengan rincian yakni membeli baju, tas, dan perlengkapan lain senilai Rp 855.000 dan vitamin serta sembako senilai Rp 1.125.514 sehingga total belanja sejumlah Rp 1.980.000 dan sisanya Rp 15.967.071 telah dikirimkan ke rekening atas nama Muhammad untuk kebutuhan pendidikan dan hariannya.

Foto:berbuatbaik.id

Begitu bermanfaatnya donasi yang diberikan untuk Muhammad agar dirinya tetap semangat menjalani hidup walau tanpa orangtua di sisinya. Walau begitu, masih banyak ladang kebaikan yang bisa sahabat baik tanam bagi Muhammad lainnya di luar sana. Tetap percayakan donasimu hanya melalui berbuatbaik.id. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Donatur

Default User
R*********ia Angelina K
5 bulan yang lalu
Donasi Rp 250.000
Default User
S*********erralda
5 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
G*********putra
5 bulan yang lalu
Donasi Rp 27.585
Default User
L*********dy Soetomo P
6 bulan yang lalu
Donasi Rp 200.000
Default User
Hamba Allah
7 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id