Kembali
Cerita Sedih Kakek Sebatang Kara Tinggal di Gubuk Hampir Roboh

Cerita Sedih Kakek Sebatang Kara Tinggal di Gubuk Hampir Roboh

Rp 53.080.630
100% Complete
Terkumpul dari Rp 49.820.000,-
Donasi Sekarang
Donasi Sekarang

Hujan di deras disertai angin mengguyur Lampung kala itu, Mbah Sunardi (77) tahun meringkuk di bawah terpal yang hanya cukup untuk satu orang.

Dengan pandangan nanar, Mbah Sunardi menatap rumahnya yang hanya berupa bilik bambu dengan atap yang bolong di mana-mana.

Bukan tidak mau berteduh di dalam rumah, tapi di sana toh tetap basah. Apalagi angin yang begitu kencang bisa saja membuat rumah reyotnya roboh. Sehingga nyawanya terancam.

“Saya butuh rumah yang pantas seperti orang biasa” katanya terbata-bata karena Si Mbah sudah renta dimakan usia.

tetangganya. Dia yang tinggal di rumah ukuran 5x7 meter ini pun mengaku kesulitan air. Dengan jalan yang sudah tertatih dan bungkuk, dia kerap ke tetangga untuk meminta air atau menadah air hujan di dalam wadah seadanya. 

Sunardi punya mimpi untuk bisa mempunyai rumah yang layak. Tujuannya begitu sederhana, agar rumahnya bisa bersih dan suci sehingga ibadah salat pun sah.

"Pakaian bersih saja saya sulit, gimana? Cari air sulit gimana? Jalan jauh gak kuat gimana? Saya sedih," ucapnya tersenyum dengan menahan tangis dan perih. 

"Saya minta rumah yang agak layak dan kebersihannya dapat terjamin. Ibadah dapat tenang," sambungnya. 

Perwakilan #sahabatbaik, Rizal Putra Aji pun berkesempatan mengunjungi mbah dan mengecek kondisi rumahnya.

Bukan cuma doyong dan kumuh, Mbah Sunardi ternyata harus tinggal bersama ayam-ayamnya. Ya, sebab rumahnya menyatu dengan kandang ayam.

Di sisi rumah yang lain, Rizal menemukan tidak ada kasur untuk Mbah Sunardi tidur. Kakek renta ini hanya terlelap beralaskan kain tipis yang sudah kumal.

Sementara bagian dapur, Si Mbah masih menggunakan tungku kayu dengan abu yang menyebar di mana-mana.

“Terima kasih bagi yang mau membantu saya, saya doakan lancar rezekinya,” kata Mbah sembari menahan sesak seolah ada beban yang begitu besar di dadanya.

Kediaman Mbah Sunardi yang dekat dengan perkebunan lebat membuat ular sering masuk ke rumahnya.

Dia pun sulit mencari bantuan ke mana-mana karena tak ada tetangga yang dekat dengan tempat tinggalnya.

“Rumahnya sudah hampir roboh. Semoga di sisa umur Mbah, dia bisa tidur di rumah yang nyaman,” ucap Rizal.

Kamu para #sahabatbaik bisa mengulurkan tangan dan membantu memberikan rumah layak dan sehat untuk Mbah Sunardi. Caranya dimulai dengan klik tombol Donasi.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

 

Info Terkini

Tangis Bahagia Sunardi untuk Rumah Baru dari Sahabat Baik

Kabar bahagia datang dari kakek Sunardi. Tak perlu waktu lama, kakek Sunardi kini telah memiliki rumah baru. Rumah berkelir putih dan kuning ini akan menjadi tempat bernaung kakek Sunardi menghabiskan masa tuanya.

Sesuai impiannya yang disampaikan kepada tim berbuatbaik.id sebelumnya, kakek yang tinggal seorang diri ini menginginkan rumah yang laik agar ibadahnya nyaman dan tanpa kotor.

“Ya senang sekali. sudah tercapai cita-cita saya. Berkah dari Yang MahaKuasa. Supaya ibadah saya nyaman dan tidak kotor-kotoran. Saya minta selamat, panjang umur, dan bisa meraih surga,” kata kakek Sunardi menahan haru kepada relawan berbuatbaik.id yang diwakili oleh Amrizal beberapa waktu lalu.

Dalam proses pembangunan rumah ini pun, kakek Sunardi menyaksikan sendiri pembangunan rumah barunya yang berisi dua kamar, kamar mandi, ruang tengah dan dapur ini.

Dia juga tertegun sedih ketika rumah yang belasan tahun dia huni dirobohkan oleh tim relawan. Namun rasa sedihnya ini langsung digantikan oleh tangis bahagia saat dirinya untuk pertama kali masuk ke rumah barunya.

Kakek Sunardi juga menjajal kasur pemberian #sahabatbaik. Di tempat ini, untuk pertama kalinya Kakek Sunardi bisa tidur beralas kasur setelah belasan tahun tak pernah tidur di kasur yang empuk.

Warga pun turut antusias menemani Kakek Sunardi memasuki rumah barunya. Mereka juga lah yang turut bahu membahu membangun rumah baru bagi Kakek Sunardi.

“Kami khususnya warga sini dan tetangga beliau mengucapkan terima kasih sekali ya sangat senang sekali dengan adanya program seperti ini. Mudah-mudahan apa yang telah diselenggarakan apa yang telah dibantu kepada beliau ini mudah-mudahan bermanfaat khususnya untuk mbah Sunardi di dalam beliau melanjutkan perjuangannya, mudah-mudahan apa yang dipersembahkan kepada beliau ini senantiasa membawa beliau senang bahagia,” kata tetangga kakek Sunardi, Abubakar.

Kebahagiaan Kakek Sunardi tidak akan pernah ada tanpa bantuan kamu para #sahabatbaik. Terima kasih #sahabatbaik atas donasi kepada Kakek Sunardi yang mencapai Rp 53.080.630. Seluruh bantuan tersebut telah didonasikan 100% untuk pembangunan rumah berikut dengan perabotan di dalamnya.

Sahabat baik, masih banyak orang-orang seperti kakek Sunardi yang membutuhkan pertolongan. Kamu bisa mulai menyalurkan kebaikan hatimu dengan berbuat baik di berbuatbaik.id. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang juga!

 

 

 

Donatur

Default User
Mel Sa
10 bulan yang lalu
Donasi Rp 100.000
Default User
L*********
11 bulan yang lalu
Donasi Rp 1.000.000
Default User
Hamba Allah
11 bulan yang lalu
Donasi Rp 50.000
Default User
Hamba Allah
11 bulan yang lalu
Donasi Rp 250.000
Default User
Ivanders
11 bulan yang lalu
Donasi Rp 250.000

Tentang Kami

About Us
berbuatbaik.id ikut andil dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan dengan menggalang dana sekaligus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.
About Us
berbuatbaik.id dan CTARSA Foundation bertanggung jawab penuh atas penyaluran dana donasi yang diterima.
About Us
Donasi yang diterima akan disalurkan 100% kepada yang membutuhkan tanpa dikenai biaya pemotongan atau biaya apapun. Seluruh biaya operasional penyampaian donasi ditanggung oleh jaringan usaha CT Corp
About Us
Kamu bisa bergabung dengan komunitas Berbuat Baik menjadi relawan hingga mengajukan penggalangan dana ke berbuatbaik.id